nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Antisipasi Klitih, Polres Kulonprogo Sita Ratusan Botol Miras

Kuntadi, Jurnalis · Jum'at 28 Februari 2020 14:10 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2020 02 28 510 2175524 antisipasi-klitih-polres-kulonprogo-sita-ratusan-botol-miras-M8Vvo4ChnB.jpg Ilustrasi (Dok Okezone)

KULONPROGO – Guna mengantisipasi kasus kejahatan jalanan atau dikenal dengan klitih, Polres Kulonprogo bersama jajarannya melakukan Operasi Cipta Kondisi. Hasilnya, petugas menyita 447 botol minuman beralkohol dari berbagai merek. Sementara 20 orang dijadikan tersangka dan akan diajukan ke persidangan.

Kabag Ops Polres Kulonprogo yangn menjabat Plh Wakapolres Kulonprogo, Kompol Sudarmawan mengatakan, Operasi Cinta Kondisi ini dilakanakan sejak 18 Februari sampai akhir bulan ini. Seluruh petugas dari Polres maupun Polsek merazia minuman keras (miras). Hasilnya ada 447 botol minuman keras dan berbagai merek dan kemasan. Minuman ini disita dari 20 pedagang.

“Hasil operasi cipkon ini, kita amankan 447 botol minuman beralkohol,” ucap Sudarmawan di Mapolres Kulonprogo, Jumat (28/2/2020).

Menurutnya, operasi ini menjadi rangkaian dari upaya cipta kondisi untuk mencegah terjadinya aksi kejahatan jalanan. Itu karena pelaku yang tertangkap kerap mengonsumsi miras sebelum beraksi. Karena itu, seluruh jajarannya melakukan operasi di seluruh wilayah.

Ilustrasi

Setidaknya, ada 20 pedagang yang diamankan. Mereka akan dijerat Perda 11 Tahun 2007 atas perubahan Perda 1 Tahun 2007 tentang larangan dan pengawasan minuman beralkohol dan memabukkan lainnya.

“Ada 20 yang kita proses, hanya tidak dilakukan penahanan,” ucapnya.

Minuman berakohol ini diamankan dari tempat hiburan, karaoke, hinga toko-toko kelontong. Petugas akan terus menggelar razia untuk menekan peredaran miras. Bahkan dari pengungkapan yang ada, tidak lepas dari penangkapan warga yang tengah mabuk terpengaruh minuman. Dari pengakuannya, petugas menindaklanjutinya dengan menggerebek warung yang menjual minuman ini.


Baca Juga : Antisipasi Aksi Klitih Merebak, Polisi Berjaga-jaga di Daerah Perbatasan

“Ada yang kita tangkap saat mabuk dan kita interogasi, kita kembangkan, mengamankan penjualnya. Rata-rata kandungan alkoholnya di atas 14 persen,” ujarnya.


Baca Juga : Sultan HB X Sebut Pelaku Klitih di Yogyakarta Bukan Warga Miskin

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini