Share

Lebih Mengerikan Dibanding Korona, TBC Tewaskan 250 Orang Setiap Hari

Taufik Budi, Okezone · Sabtu 07 Maret 2020 23:29 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 07 512 2179852 lebih-mengerikan-dibanding-korona-tbc-tewaskan-250-orang-setiap-hari-vhUvUF1HdK.jpg Ganjar Pranowo (Foto: Okezone)

SEMARANG - Merebaknya virus korona akhir-akhir ini cukup mengejutkan masyarakat di Tanah Air. Padahal selama ini terdapat penyakit yang lebih mematikan yakni tuberculosis (TBC) yang merenggut nyawa 250 warga Indonesia setiap hari.

"Di Indonesia ini ada 250 orang meninggal perhari karena TBC. Siapa yang peduli soal itu, siapa yang takut?," kata Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo kepada awak media, Jumat 6 Maret.

Untuk itu, dia meminta masyarakat tak perlu paranoid dengan virus asal Wuhan China tersebut. Terlebih, pemerintah telah siap melakukan sejumlah antisipasi dan penanganan termasuk jika terjadi ledakan pasien diduga terpapar virus korona.

"Makanya kami selalu menyampaikan pada masyarakat untuk tidak panik, tidak paranoid pada kasus korona ini. Pemerintah telah mengupayakan berbagai cara untuk mengatasi ini, masyarakat tenang saja tapi tetap waspada dengan cara menjaga pola hidup sehat," lugas dia.

Selain TBC, juga masih terdapat penyakit musiman lain yakni demam berdarah (DB). Penyakit ini biasanya merebak ketika musim hujan, karena banyak genangan air yang menjadi tempat perkembangbiakan nyamuk.

Ganjar juga meminta masyarakat tidak panik dan ketakutan soal virus corona. Sebab menurutnya, di Indonesia itu ada penyakit yang lebih mematikan yakni Demam Berdarah Dengue (DBD), Tuberculosis (TBC) dan lainnya.

"Dan ada lagi pengalaman kita. Kita itu sampai hari ini belum bebas dari demam berdarah dan TBC," terangnya.

Baca Juga: Saatnya Anak Muda Bangkit Bersama untuk Indonesia Bersama Astra

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini