12 WNI di Luar Negeri Positif Virus Korona, 7 di Antaranya Sudah Sembuh

Rahman Asmardika, Okezone · Minggu 08 Maret 2020 13:22 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 08 18 2180010 12-wni-di-luar-negeri-positif-virus-korona-7-di-antaranya-sudah-sembuh-dPkU7brBLQ.jpg Ilustrasi (Okezone)

JAKARTA - Kementerian Luar Negeri (Kemlu) menyatakan ada 12 warga negara Indonesia (WNI) di luar negeri positif terinfeksi virus korona baru (Covid-19). Namun, tujuh orang di antaranya sudah dinyatakan sembuh.

Keterangan itu disampaikan Kemlu RI menyusul adanya satu lagi WNI di Singapura positif virus korona seperti diumumkan Kementerian Kesehatan Singapura, Sabtu 7 Maret kemarin.

Baca juga: Satu Lagi WNI di Singapura Positif Virus Korona

Direktur Perlindungan WNI dan Badan Hukum Indonesia (PWNI-BHI) Kemlu, Judha Nugraha mengatakan, ke-12 WNI positif virus korona itu masing-masing berada di Singapura, Taiwan, dan Jepang. Dari ke-12 WNI tersebut, tujuh sudah sembuh.

"Yang sudah sembuh satu di Singapura dan enam di Jepang (kru kapal pesiar Diamond Princess)," kata Judha dalam keterangan kepada media, Minggu (8/3/2020).

Seorang WNI yang sudah sembuh dari korona di Jepang sudah dipulangkan Indonesia, tapi tetap dikarantina dulu selama beberapa hari. Sisanya akan segera dikembalikan ke Tanah Air.

Baca juga: Pasien Positif Virus Korona di Indonesia Bertambah Jadi 4 Orang

Sebelumnya, Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Singapura melaporkan seorang WNI di negara itu positif Covid-19. WNI tersebut dilaporkan tidak memiliki riwayat mengunjungi Singapura atau negara-negara yang terdampak virus korona baru.

Sebanyak empat kasus penyakit Covid-19 telah dikonfirmasi di Indonesia.

Berdasarkan laporan organisasi kesehatan dunia, Covid-19 yang menyebar dari Kota Wuhan, China pada akhir tahun lalu hingga kini telah menginfeksi lebih dari 100.000 orang dengan korban meninggal dunia mencapai 3.600.

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini