nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Belanda Kembalikan Keris, Sultan HB X: Kalau Bisa Naskah & Barang Lain Juga

Kuntadi, Jurnalis · Rabu 11 Maret 2020 16:55 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 03 11 510 2181732 belanda-kembalikan-keris-sultan-hb-x-kalau-bisa-naskah-barang-lain-juga-WfK6QFi4Mk.jpg Sultan HB X. (Foto: Harian Jogja)

YOGYAKARTA - Gubernur DIY yang juga Raja Keraton Yogyakarta, Sultan Hamengkubuwono X, berharap tidak hanya keris milik Pangeran Diponegoro yang dikembalikan oleh Belanda ke Indonesia. Dia berharap Negeri Kincir Angin itu mengembalikan beberapa barang lain yang ada kaitannya dengan sejarah Indonesia.

“Kalau bisa jangan hanya itu, tapi naskah-naskah yang lain mungkin juga memungkinkan atau barang yang lain,” kata Sultan usai menerima kunjungan Raja Belanda Willem Alexander dan Ratu Maxima Zorreguieta Cerruti, di Keraton Yogyakarta, Rabu (11/3/2020).

Menurut Sultan, kunjungan ini hanya untuk mengenang masa lalu. Raja Belanda pernah ikut ke Indonesia dan ke Keraton Yogyakarta bersama ibunya Ratu Beatrix. Sekarang datang sendirian, bersama dengan sang ratu.

Baca juga: Trah Pangeran Diponegoro Percayakan Perawatan Keris 'Naga Siluman Jawa' ke Negara

Sultan mengatakan, barang-barang yang ada kaitan dengan Indonesia sangat penting bagi sejarah Indonesia.

Foto: Istimewa

“Itu kan sejarah bagi suatu (bangsa). Seperti keris kan bagi orang jawa itu punya nilai,” ujar Sultan.

Sultan tidak mau terlibat dalam polemik mengenai keaslian keris Naga Siluman Jawa milik Pangeran Diponegoro, yang dikembalikan. Sultan pun tak masalah keris itu disimpan di Museum Nasional.

Dalam kunjungan ke Keraton, keduanya hanya terlibat dalam obrolan ringan. GKR Mangkubumi yang banyak bicara karena memang sudah mengenal Raja Belanda. Kebetulan tahun lalu, dia diundang untuk menyaksikan pembukaan museum dan melihat naskah-naskah di sana.

Menurut Sultan, dirinya tidak tahu persis data apa saja yang masih ada di Belanda, termasuk jumlah keris milik Pangeran diponegoro.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini