nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kasus Pelecehan Anak, Polisi Tes Kejiwaan Oknum Pendeta

Syaiful Islam, Okezone · Kamis 12 Maret 2020 15:41 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2020 03 12 519 2182288 kasus-pelecehan-anak-polisi-tes-kejiwaan-oknum-pendeta-NGh6U0cty0.jpg ilustrasi

SURABAYA - Polda Jatim melakukan tes kejiwaan terhadap oknum pendeta, HL, yang diduga melakukan pelecehan pada jemaatnya yang masih di bawah umur. Hasil dari tes kejiwaan tersebut nantinya juga akan mengetahui motif di balik tersangka melakukan dugaan pencabulan pada korban.

Kabid Humas Polda Jatim, Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko menyatakan, pihaknya melakukan tes kejiwaan pada tersangka. Ini sebagai salah satu prasyarat penyidikan profesional. Sebab tersangka harus sehat.

"Tes kejiwaan sendiri dilakukan oleh psikiatri atau psikiater. Secara fisik tersangka sehat, nah untuk dari segi kejiawaan masih menunggu hasil tes," terang Trunoyudo, Kamis (12/3/2020).

Menurut Trunoyudo, tes kejiwaan tersebut sangat penting. Disamping sebagai salah satu prasyarat, hasil dari tes kejiwaan juga untuk mengetahui latar belakang tersangka melakukan itu.

Disinggung apakah ada korban lain dalam kasus ini, Trunoyudo menyebutkan hingga saat ini masih belum ada. Sebab belum ada laporan. "Kita tunggu apa ada korban lain melapor," tandasnya.

Baca Juga : Usai Bertemu Trump, Staf Pemerintah Brasil Jalani Tes Covid-19

Seperti diberitakan sebelumnya, anggota Ditreskrimum Polda Jatim meringkus seorang oknum pendeta, HL (50), di kawasan pondok Candra, Kabupaten Sidoarjo, pada 7 Maret 2020. Pasalnya, oknum pendeta ini diduga melakukan pencabulan pada anak dibawah umur, IW, selama 6 tahun.

Pencabulan sendiri dilakukan sejak korban berusia 12 sampai 18 tahun. Tersangka dijerat dengan Pasal 82 UU Nomor 17 Tahun 2016 tentang penetapan Perpu Nomor 1 Tahun 2016 tentang perubahan kedua atas UU Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak. Ancaman hukumannya paling singkat 5 tahun dan paling lama 15 tahun.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini