RS di Sikka NTT Rawat 1 Pasien Dalam Pengawasan Virus Corona

Adi Rianghepat, Okezone · Senin 16 Maret 2020 15:13 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 16 340 2184093 rs-di-sikka-ntt-rawat-1-pasien-dalam-pengawasan-virus-corona-EvVGhN96FQ.jpg Ilustrasi (Shutterstock)

KUPANG – Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) Dominikus Minggu mengatakan satu pasien dalam pengawasan terkait virus corona (Covid-19) tengah dirawat di RS TC Hillers Maumere, Kabupaten Sikka.

"Sedang dirawat seorang pasien di Rumah Sakit TC Hillers Maumere. Sudah diperiksa sampelnya akan dibawa ke Kupang hari ini untuk dikirim ke Jakarta. Kita berharap negatif karena bersangkutan dan istrinya pulang ke Lembata setelah dari London, Inggris,” ucap Dominikus dalam rapat koordinasi antisipasi penyebaran Covid-19 yang dipimpin Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat, Senin (16/3/2020).

Selain pasien itu, ada satu orang masuk kategori pengawasan di RS Mgr Gabriel Manek Atambua, Kabupaten Belu di Pulau Timor. Namun, setelah diperiksa, pasien itu dinyatakan negatif virus corona.

Dia mengatakan, saat ini provinsi berbasis kepulauan itu masih bersih dari serangan virus yang awalnya mewabah di Wuhan, China, tersebut. Namun, kewaspadaan harus terus dilakukan agar terhindar dari virus tersebut.

Ilustrasi (Shutterstock)

Menurutnya, berdasarkan Keputusan Menteri Kesehatan Nomor 169 tahun 2020 tentang RS Rujukan Penanggulangan Penyakit Infeksi Emerging (PIE) Tertentu, ada tiga rumah sakit di NTT yang ditetapkan sebagai rumah sakit rujukan. Rumah sakit itu adalah RSUD WZ Johanes Kupang, RSUD TC Hillers Maumere di Kabupaten Sikka Pulau Flores, dan RSUD Komodo Labuan Bajo di Kabupaten Manggarai Barat, Pulau Flores.

Selanjutnya atas arahan Gubernur NTT, ada tambahan dua RS lainnya sebagai rujukan Covid-19, yaitu RSUD Umbu Rara Meha Waingapu di Kabupaten Sumba Timur, Pulau Sumba, dan RSUD Mgr Gabriel Manek Atambua di Kabupaten Belu, Pulau Timor.


Baca Juga : Rawat 2 Pasien Dalam Pengawasan Corona, RSUD Sidoarjo Perketat Kunjungan

“Saat ini kita sedang persiapkan sejumlah hal seperti peralatan, logistik, dan tenaga kesehatan di rumah sakit tersebut. Kita juga akan membangun tiga posko siaga Covid-19 di NTT,” tuturnya.


Baca Juga : RSMH Palembang Kembali Isolasi Satu Pasien Suspect Virus Corona

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini