25 Turis di Aceh Singkil Dikumpulkan ke Sebuah Pulau Terkait Corona

Windy Phagta, Okezone · Selasa 17 Maret 2020 02:01 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 17 340 2184378 25-turis-di-aceh-singkil-dikumpulkan-ke-sebuah-pulau-terkait-corona-lD9gP5YsGf.jpg Ilustrasi (Foto: Okezone)

BANDA ACEH - Sebanyak 25 turis mancanegara yang sedang liburan di Pulau Banyak, Aceh Singkil, ditempatkan di satu pulau, yakni di Pulau Sikandang untuk diperiksa kesehatannya terkait virus corona atau Covid-19.

Para turis ini berasal dari berbagai negara, para turis ini ditempatkan di sebuah pulau yang nantinya akan ada tim kesehatan dari pemerintah Aceh Singkil yang akan memeriksa kesehatan para turis tersebut. Hal ini dilakukan agar tidak muncul keresahan di kalangan masyarakat.

Wakil Bupati Aceh Singkil, Sazali menegaskan turis tersebut sebelum masuk ke Aceh Singkil, tentunya telah diperiksa kesehatannya di bandara.

"Mereka (turis mancanegara) bukan dikarantinakan, akan tetapi dipindahkan untuk sementara sampai ada kepastian negatif corona," ujar Sazali, Senin (16/3/2020).

Baca Juga: Gubernur Sumbar Klaim Daerahnya Belum Ada Positif Corona 

Tim kesehatan pun nantinya hanya sebatas kemampuan mengeceknya. Hal ini lantaran minimnya ketersediaan alat pendeteksi corona yang dimiliki Pemda.

"Alat kita untuk itu (pendeteksi Corona) belum ada, alat - alat untuk keselamatan tim dokter juga belum ada, alat pelindung diri (APD) belum tersedia," sebutnya.

 Infografis Seputar Virus Korona

Para turis ini sebelumnya sedang berlibur di kawasan tersebut dan akan meninggalkan Aceh Singkil, namun sebelum meninggalkan kawasan tersebut, pemerintah daerah menempatkan mereka di sebuah pulau dan diperiksa kesehatannya, apa bila nantinya negatif corona mereka diizinkan untuk melanjutkan perjalanan.

Ketersediaan alat, menurut Sazali, akan diusahakan dalam satu atau dua hari ke depan. Wabup menekankan agar masyarakat tetap tenang dan jangan panik dalam menyikapi merebaknya virus corona, namun tetap waspada.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini