Share

Satu Lagi Warga DIY Positif Virus Corona

Kuntadi, Koran SI · Rabu 18 Maret 2020 15:45 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 18 510 2185320 satu-lagi-warga-diy-positif-virus-corona-wiB2E38DsK.jpg Simulasi Penanganan Terhadap Virus Korona (foto: Twitter/Angkasa Pura_2)

YOGYAKARTA – Kasus pasien positif virus corona di Kota Yogyakarta bertambah satu orang. Satu pasien yang dinyatakan positif berjenis kelamin laki-laki berusia 58 tahun dan sudah menjalani perawatan di RS Dr Sardjito, Yogyakarta sejak beberapa hari yang lalu.

"Harapan kita bersama tidak usah tambah dari dua orang yang positif. Yang lain masih dalam pengawasan," kata Gubernur DIY Sultan Hamengkubuwono (HB) X saat launching BBTKLPP Yogyakarta, Rabu (18/3/2020).

Baca Juga: Kondisi Pasien Positif Corona di Cirebon Terus Membaik 

Terkai hal itu, Sultan HB X berharap agar diperbanyak ruang publik untuk masyarakat mencuci tangan dan menjaga kesehatan agar terhindar dari virus corona.

Sementara Juru Bicara Pemda DIY dalam penanganan Covid, Berti Murtiningsih mengatakan informasi dari Kementerian Kesehatan, dari hasil uji laboratorium ada satu sampel warga DIY yang dikirimkan ke Litbangkes hasilnya positif.

“Hasil laboratorium positif dari sampel warga DIY yang dikirimkan ke Litbangkes,” jelas Berty.

Pasien ini merupakan pasien laki-laki yang berusia 58 tahun. Saat ini pasien telah menjalani perawatan di RS Dr Sardjito Yogyakarta.

Dengan penambahan ini maka sudah ada dua warga DIY yang hasilnya positif. Meski begitu pasien yang pertama, sudah menjalani perawatan dan hasil uji laboratorium terakhir sudah negatif.

“Informasi lengkapnya nanti sore akan kami update,” ujarnya.

Dinas Kesehatan DIY melalui rumah sakit rujukan, terus melakukan penanganan terhadap pasien positif corona maupun pasien dalam pengawasan (PDP). Saat ini masih ada 8 pasien yang di rawat di rumah sakit rujukan.

Dua lainnya sudah dilakukan tracking dan kondisinya sehat tidak masuk rumah sakit. Hingga kini di DIY sudah ada 24 pasien yang diperiksa, 2 positif dan 14 lainnya negatif.

Baca Juga: PDP Corona Meninggal di Medan, Dinkes Sumut Telusuri Semua Rekan Pasien 

Selain itu masih ada 8 pasien yang masih dalam proses uji laboratorium. Dari kasus yang positif pertama, telah dilakukan tracking.

Hasilnya kedua orang tuanya sudah dinyatakan negatif. Sedangkan dua orang lainnya masih belum diketahui hasilnya. Sedangkan untuk kasus kedua akan segera dilakukan tracking.

“Untuk kasus kedua baru akan dimulai (tracking),” tutur dia.

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini