Share

Kondisi Pasien Positif Corona di Cirebon Terus Membaik

Fathnur Rohman, Okezone · Rabu 18 Maret 2020 15:01 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 18 525 2185285 kondisi-pasien-positif-corona-di-cirebon-terus-membaik-PjMJLlgs6U.jpg Ilustrasi Ruang Isolasi Rumah Sakit (foto: Okezone)

CIREBON - Kondisi pasien positif terjangkit virus corona (Covid-19), yang dirawat di ruang isolasi Rumah Sakit Daerah (RSD) Gunung Jati, Kota Cirebon, Jawa Barat, terus membaik. Meski demikian, pasien tersebut masih harus menjalani perawatan intensif di ruang isolasi.

Direktur RSD Gunung Jati, dr Ismail Jamalludin memastikan, pasien positif Covid-19 itu terus membaik dan kondisinya stabil. Kendati begitu, pasien tersebut masih dirawat di ruang isolasi RSD Gunung Jati.

Baca Juga: Pandemi Corona, Istana Maimun Ditutup untuk Wisatawan 

"Kondisinya sakit ringan stabil dan baik," kata Ismail saat dikonfirmasi Okezone, Rabu (18/3/2020).

Ilustrasi (foto: Shutterstock) 

Hal senada juga disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Cirebon, Eni Suhaeni. Dirinya mengungkapkan kondisi pasien positif Covid-19 ini sudah membaik.

Dia mengatakan, keluarga dan orang-orang yang pernah melakukan kontak langsung dengan pasien tersebut sudah masuk dalam pemantauan Dinas Kesehatan Kabupaten Cirebon. Akan tetapi, ia tidak bisa menyebutkan siapa saja orang-orang yang masuk dalam pemantauan tersebut.

"Allhamdulillah kondisi (pasien positif Covid-19) sudah membaik. Kalau yang kontak dengan positif atau pernah ke luar negeri terus pulang ke Cirebon, itu masuk ke dalam kategori orang dalam pemantauan (ODP)," ujar Eni saat ditemui Okezone.

Eni melanjutkan, sampai saat ini ada sekira 72 orang ODP di Kabupaten Cirebon. Sedangkan, untuk pasien dalam pengawasan (PDP) totalnya ada tujuh orang. Namun, tiga di antaranya sudah selesai menjalani perawatan.

"Kalau PDP masih tetap. Ada tujuh totalnya. Tiga sudah selesai. Tinggal empat sekarang. Untuk ODP ada 72 orang di Kabupaten Cirebon," tutur Eni.

Baca Juga: 3 Pintu Perbatasan Indonesia-Malaysia di Kalbar Resmi Ditutup 

Ditambahkan Eni, sejumlah tempat di Kabupaten Cirebon, Jawa Barat sudah disemprot cairan disinfektan. Hal ini dilakukan sebagai upaya antisipasi pencegahan penyebaran virus corona. Beberapa tempat yang sudah disemprot itu salah satunya adalah Tempat Wisata Ziarah Makam Sunan Gunung Jati.

"Karena banyak surat yang masuk akhirnya semua (disemprot cairan disinfektan). Kali ini allhamdulillah di Makam Sunan Gunung Jati sudah selesai disemprot," tutupnya.

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini