China Ungkap Kesiapan Membantu Indonesia Tangani Pandemi Covid-19

Medikantyo, Okezone · Kamis 19 Maret 2020 16:14 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 19 18 2185938 china-ungkap-kesiapan-membantu-indonesia-tangani-pandemi-covid-19-lHLKfS0Gpl.jpg Ilustrasi penanganan kasus corona di China (Foto: Okezone.com/pool)

JAKARTA - China menyatakan komitmen untuk memberi bantuan kepada Indonesia dalam menangani pandemi virus corona (COVID-19). Kesiapan itu dinyatakan langsung oleh Duta Besar China untuk Indonesia, Xiao Qian, dalam tulisannya yang diunggah dalam laman resmi Kedutaan Besar China untuk Indonesia.

"Solidaritas serta kerja sama menjadi senjata utama untuk mengatasi bencana termasuk penyebaran virus corona secara global. Hal itu terbukti menjadi salah satu kunci penanggulangan wabah Covid-19 di China," menurut Qian dalam tulisannya tersebut.

China saat ini sudah mulai menyalurkan bantuan ke sejumlah negara terdampak virus corona, berupa perangkat penguji serta material kesehatan lain. Begitu juga pengutusan sukarelawan ahli medis untuk berbagi pengalaman serta dukungan, kepada petugas negara seperti Iran, Irak, dan Italia mengenai penanganan infeksi akibat virus corona.

"Kami juga siap bekerja sama dengan Indonesia dan memberikan bantuan semaksimal mungkin bagi Indonesia untuk menangani pandemi ini," ujar Qian tambahnya.

Kerjasama maupun bantuan penanggulangan penyebaran virus corona dari China untuk Indonesia, diperkirakan dapat berjalan maksimal. Apalagi telah terjadi pertemuan antara menteri luar legeri China beserta seluruh negara anggota ASEAN di Laos pada Februari 2020 terkait isu corona.

Pertemuan itu sudah menghasilkan standar kerja sama global dalam pencegahan dan pengendalian pandemi corona di kawasan Asia Tenggara. Penyebaran virus Covid-19 disebut berlangsung secara pesat serta menjadi tantangan bersama.

Dalam beberapa waktu ke depan, setiap negara diharapkan saling melengkapi diri dengan penyediaan obat, vaksin, hingga mempersiapkan dampak ekonomi di tingkat regional.

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini