Share

Ijtima Asia 2020 Batal Digelar, Bupati Gowa: Kami Terus Koordinasi

Herman Amiruddin, Okezone · Kamis 19 Maret 2020 13:42 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 19 609 2185811 ijtima-asia-2020-batal-digelar-bupati-gowa-kami-terus-koordinasi-nt7xi5Q2iD.jpg Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan (foto: Okezone)

MAKASSAR - Ijtima Asia 2020 yang akan dilaksanakan di Desa Nirannuang, Kecamatan Bontomarannu, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan resmi dibatalkan.

Hal tersebut diungkapkan oleh, Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan. Ia mengatakan Pemkab Gowa dan Panitia Ijtima Asia sepakat membatalkan kegiatan tersebut.

Baca Juga: Hindari Penyebaran Virus Corona, Bupati Gowa : Ijtima Dunia Ditunda 

"Kami tidak berhenti melakukan komunikasi dan juga koordinasi dengan panitia inti," katanya.

Penundaan ini berdasarkan hasil kesepakatan antara panitia inti bersama dewan syuro Ijtima Zona Asia. Turut andil pula Kapolres Gowa dan Dandim 1409 Gowa turun langsung melakukan koordinasi dengan panitia Ijtima.

Kesepakatan penundaan ini juga disampaikan langsung oleh panitia inti, Ustadz Abdurrahman kepada Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan.

Adanan mengaku selama ini komunikasi terus dilakukan oleh Pemkab Gowa bersama Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI), Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) dan Kementerian Agama (Kemenag) untuk meminta kegiatan tersebut ditunda.

"Kami terus koordinasi untuk ditunda dulu," katanya.

Selain itu, Adnan mengatakan sebelumnya Pemkab Gowa juga telah melayangkan surat penyampaian untuk menunda kegiatan tersebut sebagai upaya pencegahan penularan virus Corona atau Covid-19 di Kabupaten Gowa.

Baca Juga: Istana: Ijtima Dunia di Gowa Batal, Ribuan Peserta Dipulangkan Hari Ini 

Walaupun resmi ditunda, namun ribuan jamaah dari berbagai wilayah di Indonesia dan Asia ini sudah berada di Desa Nirannuang, Kecamatan Bontomarannu sebagai lokasi kegiatan Ijtima Zona Asia.

Sementara sebagai antisipasi penularan virus corona, saat Pemkab Gowa telah melakukan pemeriksaan terhadap para jamaah dan telah melakukan penyemprotan disinfektan di lokasi kegiatan.

Baca Juga: KKP Pastikan Proses Hukum Pelaku Perdagangan Sirip Hiu Ilegal di Sulawesi Tenggara

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini