Sungai Meluap, Puluhan Rumah Warga Gelumbang Sumsel Kebanjiran

Melly Puspita, Okezone · Kamis 19 Maret 2020 16:04 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 19 610 2185928 sungai-meluap-puluhan-rumah-warga-gelumbang-sumsel-kebanjiran-o49Fuc3buK.jpg Foto: BPBD Sumsel

PALEMBANG - Hujan deras yang terjadi di Kecamatan Gelumbang Kabupaten Muara Enim Sumatera Selatan, Rabu 18 Maret membuat sungai Pangkalan Kuta meluap dan menggenangi rumah warga yang ada di sekitar sungai hingga Kamis, (19/3/3/2020).

Menurut Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumatera Selatan, banjir diperkirakan setinggi 40 sentimeter hingga 1 Meter terjadi di wilayah RW 01 meliputi RT 02, RT 06,07,08 dan RW 03 meliputi RT 02.

Hingga saat ini, ada 36 rumah warga yang banjir akibat luapan sungai tersebut. Sedangkan untuk fungsi gorong-gorong bawah jembatan yang persis berada di jalan lintas Sumatera tertutup atau mengalami kendala.

"Sepertinya ada masalah teknis dengan plat duiker (gorong-gorong) karena informasinya daerah tersebut bukan daerah rawan banjir mungkin plat duiker dimaksud menutup jalannya air," kata Kepala Bidang Penanggulangan Kedaruratan BPBD Sumsel kepada Okezone.

Sementara itu, warga yang rumahnya tergenang air tinggi sudah dilakukan evakuasi ketempat yang lebih aman. Pemerintah setempat juga telah memberikan bantuan berupa sembako.

Supaya tidak terjadi hal yang tidak diinginkan, pihak Polsek Gelumbang yang turut ke lokasi banjir menghimbau supaya warga mematikan aliran listrik untuk sementara waktu sampai air yang surut.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini