Banjir Rendam Wilayah OKU Timur, Sumsel Waspada Bencana

Melly Puspita, Okezone · Selasa 17 Maret 2020 14:44 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 17 610 2184669 banjir-rendam-wilayah-oku-timur-sumsel-waspada-bencana-wMleo2X0MP.jpg Banjir Merendam Kawasan OKU Timur, Sumsel (foto: Okezone/Melly Puspita)

PALEMBANG - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumatera Selatan melaporkan setidaknya 50 rumah warga di Desa Baturaja Bungin Dusun III Rasuk Kecamatan Bunga Mayang, Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur, Sumatera Selatan (Sumsel) terendam banjir.

Banjir tersebut terjadi akibat hujan turun dengan intensitas lebat membuat Sungai Bungin meluap dan merendam rumah warga yang ada di pinggiran sungai, Senin 16 Maret 2020 sekira pukul 19.30 WIB.

Baca Juga: 15.638 Jiwa Terdampak Banjir di Musi Rawas Sumsel 

Meskipun begitu, tinggi air yang mencapai 30 hingga 60 sentimeter tersebut tidak membuat warga yang terkena dampak mengungsi ketempat yang lebih aman.

Ilustrasi (foto: Shutterstock) 

Menurut Ansori, Kepala Bidang (Kabid) penanggulangan bencana daerah BPBD Sumsel, warga terkena dampak banjir agar mewaspadai daerah atau wilayah mereka supaya terhindar dari penyakit.

"Agar masyarakat mewaspadai dampak penyakit akibat banjir karena adanya sampah atau sisa kotoran akibat banjir yang dapat menjadi sarang nyamuk atau tikus," ucap Ansori kepada Okezone, Selasa (17/3/2020).

Diketahui, selain OKU Timur, OKU Selatan juga dihantui oleh bencana longsor. Longsor terjadi di Jalan raya menuju objek wisata Danau Ranau. Beberapa tiang listrik roboh akibat longsor sepanjang 30 meter di Tebing Gading, Kelurahan Batu Belang Jaya, Kecamatan Muara Dua Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan, Sumatera Selatan (Sumsel).

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan hujan dengan intensitas sedang dan lebat akan terjadi di beberapa wilayah Sumatera Selatan.

Baca Juga: 2.744 Rumah di Musi Rawas Sumsel Terendam Banjir 

Potensi hujan lokal juga akan terjadi seperti di Wilayah Banyuasin, Musi Rawas, Musi Banyuasin, Palembang, Muara Enim, Lahat, Lubuk Linggau, Pagaralam, Ogan Komering Ilir (OKI), OKU Selatan, Musi Rawas Utara, Pali, Prabumulih dan Ogan Ilir.

"Waspada potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir/kilat dan angin kencang dengan durasi singkat pada siang/sore hingga malam hari," imbau Forecaster BMKG.

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini