Pemkot Pontianak Tetapkan Status KLB Covid-19

Ade Putra, Okezone · Jum'at 20 Maret 2020 11:26 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 20 340 2186298 pemkot-pontianak-tetapkan-status-klb-covid-19-nt3FAMISQf.JPG Ilustrasi (Foto: Dokumentasi Okezone)

PONTIANAK - Pemerintah Kota (Pemkot) Pontianak akhirnya menyatakan Corona Virus Disease (Covid-19) sebagai Kejadian Luar Biasa (KLB).

Penetapan status ini adanya Surat Keputusan Nomor 478/Dinkes/2020 tentang penetapan KLB Covid-19 di Kota Pontianak yang dikeluarkan Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono.

"Ini mengingat sudah ada kasus terkonfirmasi positif corona di Kota Pontianak," ujarnya, Jumat (20/3/2020).

Ditetapkannya Covid-19 di Kota Pontianak sebagai KLB, lanjut Edi, dalam rangka percepatan penanganan Covid-19 diperlukan langkah-langkah cepat, tepat, fokus, terpadu dan sinergis antar organisasi perangkat daerah.

"Langkah tersebut perlu segera dilakukan melihat penyebaran Covid-19 ini cenderung meningkat," kata Edi.

Menurutnya, upaya pencegahan dan penanggulangan kejadian meliputi meningkatkan koordinasi organisasi perangkat daerah, lembaga, TNI/Polri, Lembaga Swadaya Masyarakat dan organisasi masyarakat.

Baca Juga: Pandemi Corona, Pemkot Depok Larang Salat Jumat di Masjid hingga Misa di Gereja

Untuk mencegah dan mengendalikan penyebaran virus corona, langkah yang harus dilakukan adalah memutus mata rantai penularan dengan penatalaksanaan kasus meliputi surveilans, isolasi, isolasi mandiri dan karantina.

"Tak kalah pentingnya, peningkatan kesadaran dan pemberdayaan masyarakat serta melaporkan perkembangan penanganan kasus Covid-19," terangnya.

Penetapan Kota Pontianak sebagai KLB ini juga menindaklanjuti Keputusan Gubernur Kalimantan Barat (Kalbar) yang menyatakan Corona Virus Disease (Covid-19) sebagai Kejadian Luar Biasa (KLB) di Kalbar.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini