nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Masjid Jami Kota Malang Tetap Laksanakan Salat Jumat di Tengah Wabah Corona

Avirista Midaada, Jurnalis · Jum'at 20 Maret 2020 14:56 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2020 03 20 519 2186446 masjid-jami-kota-malang-tetap-laksanakan-salat-jumat-di-tengah-wabah-corona-H2MJsonXpZ.jpg Masjid di Malang (Foto: Okezone/Avirista)

KOTA MALANG - Di tengah merebaknya virus corona dan imbauan untuk beribadah di rumah masing - masing, Masjid Agung Jami Kota Malang tetap melaksanakan salat Jumat berjamaah pada umat (20/3/2020) siang. Ribuan jamaah dari warga Kota Malang tetap berdatangan.

Namun ada yang berbeda dimana setiap jamaah yang masuk masjid akan disemprot cairan antiseptik pencuci tangan atau hand sanitizer.

"Setiap jamaah diharuskan mencuci tangan dengan cairan hand sanitizer yang disediakannya oleh pihak masjid. Sedangkan untuk jamaah yang kurang sehat dianjurkan untuk tidak ke masjid," ujar Takmir masjid Jami Kota Malang, Mahmudi.

Selain itu, pihaknya juga meminta jamaah untuk membawa sajadah sendiri. Sedangkan untuk alat pengukur suhu, pengurus masjid sebenarnya telah mengajukan permintaan ke Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Malang, namun tidak ada lantaran jumlahnya terbatas.

"Terpaksa kami tidak melakukan pemeriksaan jamaah yang masuk dengan menggunakan alat pengukur suhu tubuh," ungkapnya.

Masjid

Baca Juga: Masjid Agung Semarang Tetap Gelar Salat Jumat dengan Protokol Ketat

Materi khutbah pun diupayakan untuk memberikan ketenangan dan waspada kepada jamaah serta sebagai perhatian bersama agar hati-hati. Terkait penyemprotan cairan disinfektan di dalam masjid, Mahmudi mengaku sedang melakukan koordinasi dengan pihak terkait.

"Dewan Masjid Indonesia Kota Malang akan mengkoordinir seluruh masjid yang ada di kota Malang untuk dilaporkan ke Pemkot malang agar seluruh masjid ini juga disemprot disinfektan," tandas Mahmudi.

(edi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini