Sultan Akan Pusatkan Pasien Positif Corona di 2 Rumah Sakit Yogyakarta

Kuntadi, Koran SI · Senin 23 Maret 2020 14:33 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 23 510 2187695 sultan-akan-pusatkan-pasien-positif-corona-di-2-rumah-sakit-yogyakarta-gB3LZJS1ka.jpg Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubuwono X. (Foto: Kuntadi/Okezone)

YOGYAKARTA – Pemerintah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menyiapkan dua rumah sakit untuk menampung pasien yang terpapar Corona Virus Disease (Covid-19). Dua rumah sakit itu adalah RSUP dr Sardjito dan RS Hardjolukito yang disiapkan menjadi tempat isolasi terpusat penanganan corona.

"Kita akan konsentrasikan di RS Sardjito dan RS Hardjolukito," jelas Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubuwono X di Bangsal Kepatihan, Yogyakarta, Senin (23/3/2020).

Baca juga: Cegah Virus Corona, 15 SPBU di DIY Disemprot Disinfektan 

Ia mengatakan Pemprov DIY bertekad melakukan isolasi terpusat bagi pasien positif terjangkit. Saat ini di RS dr Sardjito sudah siap menampung.

Sedangkan RS Hardjolukito, kata dia, masih dalam penyelesaian pembangunan. Begitu selesai akan langsung disiapkan untuk ruang isolasi sementara agar penanganan Covid-19 lebih efektif.

Info grafis virus corona (Covid-19). (Foto: Okezone)

Sultan melanjutkan, penempatan pasien di rumah sakit yang terpusat juga untuk memudahkan para tenaga medis memberikan penanganan. Dokter dan perawat bakal lebih terkonsentrasi dengan segala kelengkapan sarana yang terpusat.

"Kalau semuanya terpusat, tidak menyebar, kami tidak terlalu kesulitan mengonsolidasikan ke provinsi," tutur Sultan.

Dia menjelaskan, penempatan pasien secara terpadu juga akan membuat dokter dan tenaga medis lebih nyaman. Mereka diyakini tidak akan kelelahan dalam menangani pasien, sehingga keselamatan dan kondisinya jadi lebih terjamin.

Sebelumnya, Sultan mengatakan DIY belum akan menerapkan lockdown dalam menghadapi virus corona. Namun, dia meminta masyarakat calmdown dalam menyikapinya, namun tetap waspada.

Baca juga: Jakarta Darurat Corona, Anies: Kegiatan Pengumpulan Massa Akan Langsung Dibubarkan 

Sultan juga mengingatkan untuk senantiasa berserah dan mendekatkan diri kepada Tuhan, kemudian memperbanyak doa meminta ampunan dan pengayoman.

"Waspada melalui kebijakan slowdown. Sedapat mungkin memperlambat pandemi penyakit corona dengan cara resik diri dan lingkungannya sendiri-sendiri," ujarnya.

Ia mengatakan, jika merasa tidak sehat, harus memiliki kesadaran dan menerima untuk wajib mengisolasi diri selama 14 hari, sama dengan masa inkubasi penyakitnya. Oleh karena itu, Sultan berpesan agar semua masyarakat menjaga diri.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini