Korsel Bakal Ungkap Langkah Tangani Corona di Forum G-20

Medikantyo, Okezone · Kamis 26 Maret 2020 14:25 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 26 18 2189315 korsel-bakal-ungkap-langkah-tangani-corona-di-forum-g-20-FEi8nWh3Q9.jpg Presiden Korea Selatan Moon Jae In (Foto: Wikimedia)

SEOUL - Presiden Korea Selatan, Moon Jae In, akan mempresentasikan langkah penangan wabah virus corona (COVID-19) di negaranya dalam forum G-20. Diskusi antar anggota grup negara G-20 terkait pandemi global itu dijadwalkan berjalan pada Kamis (26/3/2020) melalui telekonferensi khusus.

Agenda pembicaraan G-20 tersebut akan mengarah menuju penguatan kerja sama internasional dalam mengenai penanganan pandemi corona. Selain itu akan ada pembahasan upaya tiap negara untuk menekan risiko kejatuhan ekonomi, serta pengaruhnya pada resesi global.

Presiden Moon secara khusus siap berbagi pengalaman prosedur respons efektif Korea Selatan terhadap wabah COVID-19. Seperti dilansir dari laman Yonhap, kesediaan Moon untuk menyampaikan langsung kebijakan penanganan wabah corona, ikut didorong Presiden Prancis, Emmanuel Macron, dalam pembicaraan melalui sambungan telepon bulan ini.

Sejumlah poin penting dalam langkah penanganan ala Korea Selatan itu termasuk keterbukaan dan kecepatan penyampaian informasi kepada publik. Begitu juga upaya mendorong kerelaan warga Korsel dalam melakukan usaha bersama melawan penyebaran virus penyebab infeksi saluran pernapasan itu.

Forum khusus negara anggota G-20 kali ini juga akan memunculkan deklarasi internasional mengenai pemberantasan COVID-19 secara global. Temuan infeksi virus corona di Korea Selatan mencapai 9.137 kasus, dengan angka kematian mencapai 126 orang atau 1,37 persen berdasarkan data pada Kamis (26/3/2020).

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini