nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Laboratorium di Salatiga Sudah Tangani 18 Sampel Corona

Taufik Budi, Jurnalis · Kamis 26 Maret 2020 14:19 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2020 03 26 512 2189310 laboratorium-di-salatiga-sudah-tangani-18-sampel-corona-8EkwFYCJly.jpg Kemenkes Tunjuk B2P2VRP Salatiga sebagai laboratorium Covid-19 (Foto: Ist)

SEMARANG - Balai Besar Litbang Vektor dan Reservoir Penyakit (B2P2VRP) Salatiga ditunjuk sebagai laboratorium penelitian Covid-19, oleh Kementerian Kesehatan. Meski baru beroperasi tiga hari, namun sudah menangani 18 sampel swab corona.

Kepala B2P2VRP Salatiga, Joko Waluyo, menerangkan, di tempat itu terdapat dua alat real time PCR (polymerase chain reaction). Sementara yang konvensional, terdapat 9 alat standby.

"Setelah ditunjuk Kemenkes, kami langsung melakukan pengecekan. Sejumlah rumah sakit sudah mengirim sampel ke kami untuk kami lakukan tindakan," kata Joko, Kamis (26/3/2020).

Sampai saat ini, sudah ada 18 sampel yang berhasil dicek. Meski demikian, dia memastikan laboratorium tersebut mampu melakukan pengecekan hingga 40 sampel.

"Waktunya biasanya 8 jam pengerjaan. Tentu kalau nanti sampel semakin banyak, kami akan optimalkan pengerjaan agar kuotanya lebih banyak," tegas dia.

Baca Juga: Kemenkes Tunjuk B2P2VRP Salatiga sebagai Laboratorium Covid-19

Dengan penunjukan laboratorium itu, maka pengecekan sampel pasien yang diduga terjangkit virus corona dari Jateng tidak lagi ke Jakarta atau Yogyakarta. Semua sampel pengecekan virus corona, dapat dillakukan di laboratorium Salatiga.

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, meninjau fasilitas laboratorium itu. Didampingi Kepala laboratorium dan para ahli, dia mengecek satu persatu ruangan yang digunakan untuk pengecekan virus corona.

"Kalau melebihi pukul 12.00 WIB, maka hasilnya hari berikutnya. Namun apa pun itu, ini progres yang sangat bagus untuk melakukan percepatan. Diambil minimalnya, di sini bisa melakukan pengecekan maksimal dua hari saja," kata Ganjar.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini