nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Nol Kematian Akibat Virus Corona, Vietnam Berlakukan Lockdown

Rachmat Fahzry, Okezone · Rabu 01 April 2020 19:12 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2020 04 01 18 2192567 nol-kematian-akibat-virus-corona-vietnam-berlakukan-lockdown-Wz8BeDrfLk.jpg Perdana Menteri Vietnam Nguyen Xuan Phuc. (Foto/Kemenhan Vietnam)

HO CHI MINH - Vietnam merupakan negara terbaru yang memberlakukan karantina wilayah alias lockdown secara nasional karena virus corona.

Masa karantina wilayah berlaku selama 15 hari dimulai, Rabu (1/4/2020). Selain itu, sejumlah pejabat mengimbau masyarakat untuk tidak berkerumun dalam kelompok berjumlah tiga orang atau lebih.

Merujuk Universitas Johns Hopkins, kasus infeksi virus corona di Vietnam, mencapai 212, tanpa kematian, dan 63 orang dinyatakan sembuh.

Perdana Menteri Vietnam Nguyen Xuan Phuc pada Minggu, 29 Maret meminta pemerintah lima pemimpin kota terbesar Vietnam, yaitu Hanoi, HCMC, Hai Phong, Da Nang, dan Can Tho, untuk melakukan langkah intensif dan memanfaatkan waktu sebaik-baiknya untuk melakukan tindakan yang tepat.

Baca juga: Semua Pasien Covid-19 Sembuh, Bagaimana Cara Vietnam Mengatasi Krisis Awal Virus Korona

PM Phuc menyerukan agar para pemimpin kota menyiapkan sumber daya manusia dan pasokan untuk menangani virus corona. Mereka juga harus mencegah warga berpindah dari daerah wabah ke daerah lain.

Dampak lockdown juga membuat layanan transportasi di Vietnam dibatasi, termasuk kereta api, bus, dan pesawat.

Phuc sebelumnya mendesak warganya di seluruh wilayah untuk menghentikan acara sosial, sehingga membuat otoritas menghentikan upacara keagamaan dan serta menangguhkan semua kegiatan budaya, olahraga, dan tempat wisata.

Pemerintah juga telah meminta penangguhan bisnis tak penting, kecuali toko penjual makanan, obat-obatan, dan bahan bakar. 

(fzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini