nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Cegah Sebaran Corona, Pendatang Diperiksa di Pintu Keluar Tol Mojokerto

Avirista Midaada, Okezone · Kamis 02 April 2020 16:28 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2020 04 02 519 2193069 cegah-sebaran-corona-pendatang-diperiksa-di-pintu-keluar-tol-mojokerto-WFBmdSetYB.jpeg Polisi periksa kendaraan di pintu keluar Tol Mojokerto (Foto: Ist)

MOJOKERTO – Guna mencegah penyebaran Covid-19, seluruh pendatang yang tiba menggunakan kendaraan pribadi maupun umum, yang berasal dari luar Mojokerto menjalani pemeriksaan kesehatan oleh petugas gabungan di pintu tol Penompo Surabaya – Mojokerto (SuMo).

Satu persatu kendaraan yang keluar akan dihentikan, pengemudi serta penumpangnya akan menjalani pengecekaan kesehatan oleh petugas gabungan dari Polres Mojokerto, Kodim 0815 / CPYJ, Dinas Kesehatan, dan Satpol PP. Pemeriksaan kesehatan dilakukan meliputi suhu tubuh dan mendata identitas orang.

Selain pemeriksaan kepada pengemudi dan penumpang, kendaraan juga akan disemprotkan cairan disinfektan oleh petugas di posko screening ini.

Wakapolres Kompol David T. Prasojo mengatakan, kegiatan untuk mengantisipasi masuknya penyebaran corona melalui warga dari sejumlah zona merah corona ke wilayah Kabupaten Mojokerto.

"Ini untuk mengantisipasi warga dari zona merah yang mudik ke Kabupaten Mojokerto. Jika ada warga yang dari zona merah kami akan pastikan di data, jika ada warga yang masuk dari zona merah kami akan koordinasi hingga RT biar isolasi mandiri itulah tujuan adanya pos screening ini," kata David, Kamis (2/4/2020).

Di pos screening ini lanjut David, tak hanya suhu tubuh saja yang diperiksa, namun identitas orang juga akan didata, dan menyemprotkan cairan disinfektan ke kendaraan.

"Kami juga bekerja sama dengan Dinas Kesehatan untuk pemeriksaan suhu tubuh, juga visual seperti batuk, flu dan pilek. Seandainya nanti ditemukan yang kira-kira mengarah atau terindikasi kami akan laksanakan kegiatan isolasi atau kami pindahkan ke ruang isolasi sementara yang sudah disiapkan dan nanti akan dilanjutkan pemeriksaan oleh teman-teman dari Dinas Kesehatan," jelasnya.

Hasilnya dari beberapa hari pelaksanaan pos screening di Gerbang Tol Penompo, tidak ditemukan warga yang suhu tubuhnya panas dan mengalami batuk, flu serta pilek.

"Alhamdulillah tidak ditemukan, masih dalam skala normal seluruhnya. Sebelum mereka masuk ruang pemeriksaan kami juga meminta warga untuk mencuci tangan pakai sabun," bebernya.

Salah satu pengendara yang dilakukan screening, Juni Alosius Tanjung menyebut kegiatan ini bagus agar warga tidak terjangkit virus corona.

"Tujuan mau ke Mojokerto dari Surabaya, kalau seperti ini sudah biasa untuk pengecekan suhu tubuh. Kegiatan ini bagus untuk menjaga masyarakat lagi tidak terkena virus corona," pungkasnya.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini