Pandemi Corona, Belasan Ribu Santri Ponpes Salafiyah Syafi'iyah Situbondo Dipulangkan

Avirista Midaada, Okezone · Kamis 02 April 2020 18:00 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 02 519 2193132 pandemi-corona-belasan-ribu-santri-ponpes-salafiyah-syafi-iyah-situbondo-dipulangkan-hvoxN8J3tR.jpg Santri Ponpes Salafiyah Syafi'iyah Situbondo dipulangkan antisipasi penyebaran corona. (Ist)

SITUBONDO – Belasan ribu santri dari Pondok Pesantren (Ponpes) Salafiyah Syafi'iyah Sukorejo, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur (Jatim) dipulangkan secara bergiliran mengantisipasi penyebaran virus corona (Covid-19).

Gelombang pemulangan belasan ribu santri ini dimulai sejak Rabu 1 April 2020. Satu per satu dicek kesehatan terlebih dahulu sebelum dipulangkan. Para santri dipulangkan secara bertahap menggunakan armada bus hingga Sabtu 4 April 2020.

Panitia kegiatan pemulangan Ponpes Salafiyah Syafi'iyah, Zeiniye mengatakan, pemulangan belahan ribu santri ini memang berjalan lebih awal dari biasanya.

"Kalau libur normal santri biasanya 14 April atau 20 Sya'ban nanti. Tapi karena situasinya begini, libur kami majukan," ucap Zeiniye saat dikonfirmasi Kamis (2/4/2020).

Santri Ponpes Salafiyah Syafi'iyah Situbondo Dipulangkan. (Ist)

Ia menjelaskan, ada 12.902 santri Ponpes Salafiyah Syafi'iyah yang dipulangkan, dengan rincian 4.976 santri laki-laki dan 7.944 santri perempuan, yang berasal dari seluruh Indonesia dipulangkan.

"Mulai Rabu malam sudah ada yang diberangkatkan, yakni para santri yang berasal dari wilayah Jabodetabek. Ini terkait kebijakan Jakarta yang mau lockdown," tuturnya.

Pihaknya telah berkoordinasi dengan Polres Situbondo dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Situbondo untuk memfasilitasi kepulangan ribuan santri ke seluruh nusantara.

"Kami bekerjasama dengan Polsek di Situbondo untuk pengamanan penjemputan santri di 17 kecamatan di Situbondo," ucapnya.

Baca Juga : Cegah Sebaran Corona, Pendatang Diperiksa di Pintu Keluar Tol Mojokerto

Bahkan untuk mengantisipasi penyebaran virus corona, Pemkab Situbondo terlebih dahulu mengecek kesehatan ribuan santri dan menyemprotkan disinfektan ke kendaraan yang mengangkut mereka.

"Kami periksa satu-satu. Pemeriksaan medis dilakukan tim medis dari Puskesmas Asembagus, Jangkar, dan Banyuputih, dibantu klinik pesantren. Alhamdulillah santri dinyatakan sehat," tuturnya.

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini