Darurat Corona, Pemprov Jateng Alokasikan Rp1 Triliun untuk Warga Miskin

Taufik Budi, Okezone · Jum'at 03 April 2020 15:55 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 03 512 2193645 darurat-corona-pemprov-jateng-alokasikan-rp1-triliun-untuk-warga-miskin-r5oigQ3jni.jpg Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. (Foto: Dok Okezone/Heru Haryono)

SEMARANG – Provinsi Jawa Tengah telah menyiapkan anggaran Rp1,4 triliun untuk penanganan corona virus disease atau covid-19. Mayoritas anggaran akan digunakan sebagai bantuan sosial bagi warga miskin.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo usai rapat terbatas dengan Presiden Joko Widodo dan jajaran menteri melalui video telekonferensi, Kamis 2 April 2020, mengatakan program bantuan sosial segera diterapkan. Dalam waktu dekat bantuan sosial itu didistribusikan kepada masyarakat kurang mampu.

"Ada sekitar 1,8 juta masyarakat yang kami jadikan sasaran untuk program bantuan sosial itu. Anggaran Rp1,4 triliun tersebut sebagian besar yakni Rp1 triliun lebih kami alokasikan untuk itu," ungkapnya.

Ia menjelaskan, bantuan sosial tersebut diberikan Rp200.000 per bulan selama tiga bulan berturut-turut. Bentuk bantuannya, Ganjar berharap bukan berupa uang tunai, melainkan barang atau kebutuhan pokok.

Dia menerangkan, bansos ini diperuntukkan masyarakat miskin desil 3 dan 4. Sedangkan untuk desil 1 dan 2 telah menjadi tanggung jawab pemerintah pusat melalui Kementerian Sosial. Baik dari pemerintah pusat maupun Jateng, nominal bantuan sama yakni Rp200.000 per bulan.

"Jadi untuk desil 1–2 bisa segera kita eksekusi segera, tentunya dengan komunikasi bersama Kementerian Sosial. Nah untuk desil 3–4 yang dari kami, kita lakukan percepatan," tegasnya.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini