nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Dampak Corona, 14 Perjalanan Kereta Rute Solo-Jakarta Dibatalkan

Bramantyo, Jurnalis · Jum'at 10 April 2020 02:01 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2020 04 10 512 2196984 dampak-corona-14-perjalanan-kereta-rute-solo-jakarta-dibatalkan-USwJK8nw0d.jpg Ilustrasi kereta api. (Foto: Dok Okezone)

SOLO – PT Kereta Api Indonesia (KAI) Persero Daop VI Yogyakarta membatalkan 14 perjalanan KA mulai 10 hingga 23 April 2020. Ke-14 perjalanan kereta yang dibatalkan perjalananya itu seluruhnya rute Solo–Jakarta. Di antaranya KA Argo Dwipangga, Senja Utama Solo, Fajar Utama Solo, dan Bengawan.

Humas PT KAI Daop VI Yogyakarta Eko Budiyanto mengatakan pembatalan perjalanan 14 kereta api tersebut terpaksa dilakukan sebagai salah satu upaya pencegahan persebaran corona virus disease (covid-19). Kemudian juga dikarenakan jumlah penumpang yang semakin berkurang.

"Untuk efisiensi operasional karena jumlah penumpang makin menurun, maka perjalanan kereta dari Solo menuju Jakarta, begitu juga sebaliknya, terpaksa dibatalkan," papar Eko, Kamis (9/4/2020).

Ia melanjutkan, ada juga KA Gajayana jurusan Surabaya–Jakarta PP, Matarmaja rute Malang–Jakarta PP, dan Brantas jalur Blitar–Jakarta PP juga ditangguhkan.

Eko menambahkan, KA Bengawan yang merupakan public service obligasi (PSO) perjalanannya juga dibatalkan. Sehingga tinggal 8 kereta api yang beroperasi di Daop VI Yogyakarta.

"Masing-masing Batara Kresna, Prameks, Joglosemarkerto, Kahuripan, Sriitanjung, Ranggajati, Sancaka dan Wijaya Kusuma," terangnya.

Sementara itu, jumlah pemudik yang terpaksa dikarantina mengalami penambahan. Informasi yang diterima Okezone ada sebanyak 22 orang yang baru turun di Bandara internasional Adi Soemarmo terpaksa diangkut menuju lokasi karantina.

Ke-22 orang yang terpaksa dibawa untuk menjalani karantina selama 14 hari ini berasal dari 18 orang penumpang Batik Air ID 7368 yang mendarat pukul 09.45 WIB dan 4 penumpang Citilink QG 122 yang mendarat pada pukul 11.43 WIB.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini