Tekan Kasus Hoaks Corona, Polda Jabar Gencar Lakukan Patroli Siber

CDB Yudistira, Okezone · Selasa 21 April 2020 10:39 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 21 525 2202391 tekan-kasus-hoaks-corona-polda-jabar-gencar-lakukan-patroli-siber-UbzqM2uZUx.jpg Ilustrasi (Foto: Ist)

BANDUNG - Polda Jawa Barat gencar melakukan patroli siber untuk menangkal informasi-informasi hoaks seputar Covid-19. Menjelang penerapan PSBB di Bandung Raya hingga kini belum ada lagi penambahan kasus hoaks terkait corona.

"Belum ada penambahan lagi terkait dengan kasus hoaks," tegas Kabid Humas Polda Jabar, Kombes Pol S. Erlangga, saat ditemui wartawan di Mapolda Jabar, Jalan Soekarno-Hatta, Kota Bandung, Selasa (21/4/2020).

Saat ini kata dia, terdapat lima kasus hoaks corona di Jabar. Kasus-kasus tersebut ditangani langsung Polda Jabar, Polres Sumedang, Polres Banjar, Polres Kabupaten Bogor dan Polres Indramayu. Sedangkan yang ditetapkan sebagai tersangka yakni kasus hoaks yang ditangani Ditreskrimsus Polda Jabar dan Polres Kabupaten Bogor.

Dirinya enggan merinci informasi hoaks apa saja yang disebarkan kedua tersangka tersebut. Ia hanya menyebutkan bahwa keduanya melanggar pasal UU ITE, serta Undang-undang Nomor 1 tahun 1946.

"Ancamannya di atas lima tahun penjara," tuturnya.

Ia mengimbau masyarakat untuk lebih bijak menggunakan media sosial saat kondisi seperti ini. Pasalnya, selain tidak memberikan rasa aman, masyarakat juga menjadi takut berlebihan akan berita yang disebarkan.

"Kita harapkan masyarakat agar lebih bijak, jadi sebelum membagi di media sosial, disaring dulu lah informasi itu. Kemudian kedua, kalau misalnya informasi yang diterima itu meragukan, itu bisa dilakukan dengan cek dan ricek sendiri ya. Mungkin maksudnya baik tapi kan di dalam konten itu tidak tahu kebenarannya. Nah justru akan berakibat pada diri sendiri," tutup Erlangga.

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini