Bakar Rumah, Pecatan Prajurit TNI Ditangkap

Era Neizma Wedya, iNews.id · Sabtu 25 April 2020 10:43 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 25 610 2204678 bakar-rumah-pecatan-prajurit-tni-ditangkap-YapuISjR96.jpg Foto: Illustrasi Okezone.com

LUBUKLINGGAU - Hanya karena kesal dengan istrinya, seorang pria di Kota Lubuklinggau bernama Dedek Rahmadi alias Dedek (35), pecatan anggota TNI-AD nekat membakar kediamannya sendiri. Hingga akhirnya ditangkap anggota Polsek Lubuklinggau Utara di rumah orangtuanya.

Diketahui aksi nekat pelaku dipicu karena kesal dengan istrinya Roswita (39), PNS Bidan Puskesmas Petanang. Akibatnya rumah permanen berukuran 12,5 x 20 meter di Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum), RT 03 Kelurahan Durian Rampak, Kecamatan Lubuklinggau Utara I, yang selama ini menjadi kediaman mereka berikut isinya ludes dilalap si jago merah.

Kapolres Lubuklinggau, AKBP Mustofa melalui Kapolsek Lubuklinggau Utara AKP Horison Manik, menjelaskan kronologi kejadiannya. Berawal pada Sabtu (29/02/2020) sekitar pukul 09.00 WIB, terjadi selisih paham dan cekcok mulut antara pelaku dan istrinya.

Dalam pertengkaran itu pelaku mengancam istrinya dengan menggunakan senjata api rakitan miliknya dan sempat menembakkan sebanyak dua kali ke arah Roswita, namun tidak meledak.

Dengan perbuatan pelaku itu membuat istrinya ketakutan lalu pergi dari rumah mereka menuju rumah orang tuanya yang ada dikelurahan yang sama. Kemudian sore harinya, sekitar pukul 18.15 WIB, Dedek menyusul istrinya dan mengajak istri dan anak-anaknya pulang ke rumah. Tetapi Roswati menolak karena masih takut dengan ancaman Dedek yang akan menembaknya.

Lalu mertuanya (ibu Roswati) meminta Dedek untuk membiarkan istrinya tinggal sementara di rumah mertuanya. Rupanya permintaan mertuanya justru membuat Dedek marah dan mengancam jika istrinya tidak pulang maka rumah mereka akan dibakar.

Kemudian pelaku pulang ke rumahnya dengan mengajak anak-anaknya. Setelah sekitar 30 menit menunggu di rumah, ternyata istrinya tidak kunjung pulang. Hal itu membuat Dedek naik pitam dan masuk ke kamar untuk melaksanakan ancamannya.

Setelah masuk kamar, Dedek menarik sprei kasur dan menggulung-gulung seprei tersebut kemudian dengan korek api gas pelaku membakar seprei tersebut. Setelah seprei terbakar pelaku yang sudah kalap merobohkan lemari anaknya yang berada di ruang tamu. Dan pelakupun pergi dengan membiarkan api semakin membesar dan membawa kedua anaknya melarikan diri dengan menggunakan Mobil Cayla warna Putih mengarah ke Tegal-Jawa Tengah.

Sementara itu, melihat apa yang telah terjadi Idil Kartika (47), saudara Roswati tidak tinggal diam dengan melaporkan Iparnya itu (Dedek) ke kantor polisi. Atas laporan tersebut aparat kepolisian turun ke lokasi dan melakukan penyelidikan.

Belakangan diketahui jejak Dedek yang telah ditetapkan sebagai tersangka. Dari Tegal ternyata Dedek melanjutkan perjalanan ke Malang-Jawa Timur dengan tujuan rumah keluarganya dan tinggal sementara disana. Setelah sekitar satu bulan, tepatnya akhir Maret Dedek kembali ke rumah orang tuanya di Palembang.

“Dan Selasa (21/04/2020) tadi, kita dapat informasi pelaku berada di rumah orang tuanya di Palembang, ia beserta anggotanya langsung berangkat ke Palembang, sampai akhirnya berhasil menangkap pelaku saat sedang lelap tidur,” tuturnya.

Kemudian petugas melakukan penggeledahan dan berhasil mengamankan sepucuk senjata api rakitan laras pendek isi peluru 4 beserta amunisinya sebanyak 4 unit. Selanjutnya pelaku berikut Barang Bukti (BB) digelandang ke Mapolsek Lubuklinggau untuk penyelidikan lebih lanjutan.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini