124 Santri Ponpes Al-Fattah Temboro Magetan Dipulangkan ke Malaysia

Avirista Midaada, Okezone · Selasa 28 April 2020 02:04 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 28 519 2205817 124-santri-ponpes-al-fattah-temboro-magetan-dipulangkan-ke-malaysia-olUiNrIVoU.jpg (Foto: Humas Pemkab Magetan)

MAGETAN - Sebanyak 124 santri asal Malaysia di Pondok Pesantren (Ponpes) Al-Fattah Temboro, Kabupaten Magetan akhirnya dipulangkan, Senin (27/4/2020) sore.

Santri Ponpes Temboro ini dilepas langsung oleh Bupati Magetan beserta jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Magetan, menuju Bandara Internasional Juanda Sidoarjo. 

Bupati Magetan Suprawoto mengatakan, pemulangan santri tersebut diawali dengan pengetesan menggunakan rapid test virus corona atau Covid-19. 

"Dari 155 santri asal Malaysia yang di-rapid test, 29 orang hasilnya reaktif (terindikasi positif). Akhirnya 29 santri yang reaktif ini ditunda kepulangannya ke Malaysia karena harus dikarantina dahulu," ujar Suprawoto, melalui keterangan tertulis. 

Para santri yang dipulangkan mendapatkan pengawalan ketat dari kepolisian dan Tim Gugus Tugas Covid-19 Provinsi Jawa Timur.

"Ada 10 bus yang disiapkan untuk mengangkut para santri dari Temboro. Satu kendaraan barang, satu kendaraan pendamping dan dikawal oleh mobil patwal dai Polda Jatim sampai ke Juanda," kata bupati yang akrab disapa Kang Woto ini.  

Baca juga: Curhat Dokter Corona di Sukabumi, Mandi 5 Kali Sehari hingga Jauh dari Keluarga

Selain pengawalan khusus, perjalanan kali ini juga menerapkan aturan protokol kesehatan, di mana satu bus besar hanya diisi 15 santri dengan menerapkan jarak di dalam busnya. 

Foto: Humas Pemkab Magetan

"Sopir dan kru bus menggunakan baju APD, jaraknya juga diatur per bus hanya diisi 15 santri sesuai protokol kesehatan," tuturnya. 

Di Bandara Juanda, rombongan santri asal Malaysia telah dijemput oleh salah satu pesawat yang disediakan pemerintah Malaysia. 

"Sudah berangkat Senin malam jam 20.00 WIB dari Juanda dengan pesawat Malaysia Airlines," ucapnya. 

Sesuai protokol kesehatan, pesawat yang mengangkut para santri pun telah disetrilkan dengan disemprot cairan disinfektan. 

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini