Dipancing Pakai Ayam, Buaya Sepanjang 4 Meter Ditangkap Warga Dumai

Banda Haruddin Tanjung, Okezone · Rabu 29 April 2020 10:01 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 29 340 2206471 dipancing-pakai-ayam-buaya-sepanjang-4-meter-ditangkap-warga-dumai-dJp7LU45Tw.jpg Buaya sepanjang 4 meter ditangkap warga Dumai Selatan, Pekanbaru, Riau. (Foto: Banda Haruddin Tanjung/Okezone)

PEKANBARU – Sejumlah warga Kelurahan Bukit Timah, Kecamatan Dumai Selatan, Kota Pekanbaru, Provinsi Riau, menangkap seekor buaya dengan ukuran cukup besar. Untuk menangkap hewan predator itu, warga pun memancingnya memakai umpan ayam.

"Warga memancing buaya dari kanal (sungai kecil) dengan menggunakan umpan ayam," kata Kabid Wilayah II Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau Heru Sutmantoro, Selasa 28 April 2020.

Ia mengatakan, warga beralasan penangkapan hewan dilindungi ini karena meresahkan. Di mana buaya tersebut sering terlihat di kanal. Warga menjadi takut beraktivitas di sana.

Maka pada 27 April, lanjut dia, sejumlah warga sepakat menangkap buaya tersebut. Mereka berangkat ke kanal dengan bermodalkan pancing yang sudah didesain untuk menangkap buaya. Untuk menarik buaya, umpannya adalah ayam.

Heru mengungkapkan, warga pun meninggalkan pancingnya itu. Benar saja, Selasa 28 April, mereka melihat pancingnya tersebut mengenai buaya.

Warga, ungkap dia, menangkap hewan buas itu dan membawanya ke darat. Pihak kepolisian yang datang meminta warga tidak membunuh hewan dilindungi tersebut.

"Kondisi buayanya saat ini masih hidup, tetapi ada luka dan lecet. Jenis buaya air tawar sinyulong; panjang buaya 4 meter; jenis kelamin betina dewasa," paparnya.

Saat ini buaya tersebut sudah diamankan di Kantor BBKSDA Dumai. "Petugas segera melepasliarkan jika kondisi buaya sudah memungkinkan," tandasnya.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini