Penghentian Operasional KA Rangkasbitung-Merak Diperpanjang hingga 31 Mei

Muhammad Rosyadi, Okezone · Kamis 30 April 2020 05:38 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 30 340 2206998 penghentian-operasional-ka-rangkasbitung-merak-diperpanjang-hingga-31-mei-6hM7Bsu6As.jpg Ilustrasi (Foto: Okezone.com)

SERANG - PT Kereta Api Indonesia Daop 1 Jakarta perpanjang pembatalan perjalanan KA Lokal Rangasbitung-Merak hingga 31 Mei 2020. Awalnya, pembatalan hanya sampai tanggal 30 April.

Kepala Humas PT KAI Daop 1 Jakarta, Eva Chairunisa mengatakan, pembatalan 12 perjalanan KA lokal relasi Rangkasbitung-Merak setelah adanya Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) Nomor 25 Tahun 2020 tentang Pengendalian Transportasi Selama Masa Mudik Idul Fitri Tahun 1441 Hijriah dalam Rangka Pencegahan Penyebaran Covid-19.

"PT Kereta Api Indonesia (Persero) memberhentikan seluruh perjalanan kereta api (KA) sebagai bentuk dukungan penuh terhadap kebijakan pemerintah," kata Eva saat dikonfirmasi wartawan, Jumat (30/4/2020).

Selain KA lokal, KA jarak jauh juga tidak beroperasi yakni KA dari Stasiun Gambir, Stasiun Pasar Senen, dan Stasiun Jakarta Kota dengan tujuan akhir Bandung, Cirebon, Tegal, Semarang, Yogyakarta, Solo, Surabaya, Malang, dan berbagai kota di wilayah lainnya.

"Secara total terdapat 70 perjalanan KA jarak jauh dan 31 perjalanan KA lokal di area Daop 1 Jakarta yang dibatalkan perjalanannya," ujarnya.

Bagi calon penumpang yang sudah memiliki tiket, akan dikembalikan penuh oleh PT KAI dengan menghubungi contact center KAI 121 untuk mendapatkan panduan lebih lanjut.

Ilustrasi

Selain itu, calon penumpang juga dapat membatalkan tiketnya sendiri, PT KAI Daop 1 menyarankan proses pembatalan agar dilakukan secara online melalui aplikasi KAI Access.

Jika pengguna tetap akan melalui loket stasiun untuk melakukan pembatalan maka dapat langsung ke loket stasiun yang sudah ditunjuk di antaranya, Stasiun Pasar Senen, Gambir, Jakarta Kota, Bekasi, Cikampek, Bogor Paledang, Rangkasbitung, Serang. Dengan waktu operasional hari Senin-Minggu pukul 08.00-16.00 WIB.

"Pemohon pembatalan tiket harus penumpang yang namanya tercantum pada tiket serta membawa ID asli dan fotocopy," kata Eva.

Selain itu, pembatalan di loket stasiun dapat dilakukan di semua stasiun keberangkatan KA jarak jauh dan lokal hingga maksimal 30 hari setelah jadwal keberangkatan.

Langkah itu dilakukan untuk mengamankan proses pengembalian uang tunai agar tidak terjadi kondisi yang merugikan para pengguna jasa, atau kesalahan pada pengembalian bea tiket yang diberikan dalam bentuk tunai secara langsung di loket stasiun.

"Proses pembatalan yang dilakukan di loket stasiun, uang akan dikembalikan 100 persen secara tunai," tutupnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini