2 Pedagang Pasar Berstatus PDP di Balikpapan Meninggal Dunia

Amir Sarifudin , Okezone · Sabtu 02 Mei 2020 19:02 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 02 340 2208157 2-pedagang-pasar-berstatus-pdp-di-balikpapan-meninggal-dunia-xHKcMEF6eX.jpg Ilustrasi (Foto: Okezone.com)

BALIKPAPAN - Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Balikpapan, Kalimantan Timur (Kaltim) mencatat hingga kini sudah delapan orang meninggal dunia berstatus pasien dalam pengawasan (PDP). Satu orang di antaranya meninggal dengan status positif terinfeksi Covid-19.

PDP meninggal yang terbaru, yakni seorang perempuan 46 tahun, pedagang di salah satu pasar tradisional. Ia meninggal pada Sabtu pagi kemarin pukul 07.23 Wita di RS Kanujoso Djatiwibowo.

Kasus ini menjadi yang kedua pasien PDP dengan pekerjaan sebagai pedagang pasar, meski berbeda lokasi. Sebelumnya pada Rabu 29 April 2020, satu PDP perempuan lainnya juga meninggal dengan pekerjaan sebagai pedagang berusia 35 tahun.

“Masuk RS Kanujoso itu dua hari lalu. Keluhan sesak, ada pneumonia alami penurunan cepat. Ada riwayat perjalanan Jawa dan Madura. Hasil rapid test positif dimakamkan siang ini sesuai protokol Covid-19. Dengan demikian jumlah pasien meninggal PDP ada delapan orang,” ungkap Wali Kota Balikpapan, Rizal Effendi.

Sementara itu, Kepala DKK, Andi Sri menambahkan, pasien masuk RSKD pada 31 April 2020 dari rujukan Puskesmas Karang Jati, Kecamatan Balikpapan Tengah. “Datang ke Kanujoso siang enggak sampai dua hari dan Sabtu pagi meninggal,” kata Andi.

Ilustrasi

Pasien tersebut memiliki riwayat penyakit penyerta (comorbid) diabetes, gula darah sangat tinggi dan tidak ada riwayat berobat. “Gejala sesak ada, batuk tapi menonjol sesak sehingga masuk PDP. Sudah di-swab dikirim tadi. Pengiriman spesimen swab ini sekarang Rabu dan Sabtu,” jelasnya.

Dari delapan pasien PDP yang meninggal, lima di antaranya dinyatakan negatif hasil swab namun tiga lainnya ini belum diketahui hasilnya. “Tiga terakhir yang meninggal hasil swab belum ada. Kita tunggu,” tutup Andi.

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini