Pemkab Malang Belum Kirim Draf Usulan PSBB Corona

Avirista Midaada, Okezone · Senin 04 Mei 2020 14:57 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 04 519 2208922 pemkab-malang-belum-kirim-draf-usulan-psbb-corona-NZfgeLINN9.jpg Rapat koordinasi Pemprov Jatim dengan tiga kepala daerah di Malang Raya terkait PSBB. (Foto: Avirista Midaada/Okezone)

MALANG – Hingga kini Pemerintah Kabupaten Malang belum juga mengirim draf usulan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) guna mencegah persebaran virus corona. Padahal beberapa hari lalu tiga kepala daerah di Malang Raya telah menyepakati adanya PSBB melihat perkembangan kasus covid-19 yang terus bertambah.

Juru Bicara Satgas Covid-19 Kabupaten Malang Aniswaty Aziz mengatakan draf pembahasan PSBB masih belum final. Perlu ada pembahasan-pembahasan lebih detail sebelum diajukan kepada Kementerian Kesehatan melalui Gubernur Jawa Timur.

"Pembahasan draf PSBB masih terus berjalan. Masih banyak yang harus dicukupi dan prosedurnya," ujar Aniswaty, Senin (4/5/2020).

Info grafis PSBB. (Foto: Okezone)

Ia mengatakan, salah satu poin yang harus dipenuhi dalam pengajuan draf PSBB ini adalah proposal pengajuan, buku panduan pelaksanaan PSBB, dan peraturan bupati yang nanti akan mendukung berjalannya kebijakan PSBB di Kabupaten Malang.

"Yang perlu dicukupi seperti proposal atau pengajuan PSBB, buku panduan pelaksanaan, sampai dengan perbup yang mengatur berjalannya PSBB. Sehingga usulan benar-benar siap dan prosedur," jelas Aniswaty.

Menurut dia, penggodokan draf PSBB juga membahas besaran kebutuhan anggaran, termasuk menghitung jumlah warga yang akan memeroleh bantuan selama PSBB diterapkan.

"Yang akan dapat bantuan nanti di luar dari penerima bantuan pemerintah, seperti PKH, BLT, dan juga BNPT. Sekarang masih dipetakan, kemungkinan nanti pada rapat final akan diketahui berapa alokasi yang disiapkan," tuturnya.

Sebelumnya Pemkab Malang memutuskan pentingnya pengajuan PSBB saat rapat koordinasi tiga kepala daerah dengan Badan Koordinasi Wilayah (Bakorwil) III serta Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kadiskominfo) Provinsi Jawa Timur Benny Sampirwanto.

Dari hasil rapat koordinasi itu didapati kesepakatan penerapan PSBB di tiga wilayah Malang Raya yakni Kota Malang, Kabupaten Malang, dan Kota Batu.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini