Prank Ferdian Paleka, MUI: Perbuatannya Tidak Manusiawi dan Haram!

CDB Yudistira, Okezone · Kamis 07 Mei 2020 13:57 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 07 525 2210552 prank-ferdian-paleka-mui-perbuatannya-tidak-manusiawi-dan-haram-hywgX31Rxi.JPG Ferdian Paleka. (Foto: Istimewa)

BANDUNG - Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi Jabar, meminta pihak kepolisian untuk mempidana Ferdian Paleka cs, yang membuat aksi prank dengan memberikan bantuan berisi sampah dan batu.

"Lakukan proses hukum dan pidananya, biar memberikan efek jera. Apa yang dilakukan dia (Ferdian) itu sensitif, karena bisa memancing kegaduhan," kata Sekertaris MUI Jabar Rafani Achyar, saat dihubung, Kamis (7/5/2020).

Rafani menilai, apa yang dilakukan Ferdian cs melanggar ketentuan-ketentuan dalam beragama. Dengan menghinakan manusia, Ferdian dianggap sama menghinakan mahluk ciptaan Allah.

"Terlepas korban berstatus apa, yang dilakukan tidak manusiawi, tapi juga melanggar perintah agama, melanggar ketentuan agama. Enggak boleh dalam agama Islam, hukumnya haram," kata dia.

Baca juga: Polres Tasikmalaya Bekuk Pelaku Penggelapan 7 Mobil Rental

Rafani mengatakan, di tengah pandemi corona, harusnya sesama masyarakat harus saling membantu dan saling menguatkan antarsesama. Bukan malah melakukan perbuatan yang melanggar norma.

Ferdian Paleka. (Foto: Istimewa)

"Di masa pandemi ini, kita harus menguatkan saling menolong. Bukan malah menghinakan seperti itu," kata dia.

Polisi masih mengejar Ferdian Paleka dan temannya yang lain berinisial A. Satu orang sudah ditetapkan sebagai tersangka dan dilakukan penahanan, yakni TF.

Motif ketiganya melakukan aksi prank hanya untuk menambah jumlah subcribers atau popularitas.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini