Share

150 WNI Dipulangkan dari Timor Leste

Adi Rianghepat, Okezone · Jum'at 08 Mei 2020 10:06 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 08 340 2210869 150-wni-dipulangkan-dari-timor-leste-0JmmxD69dL.jpg KBRI Timor Leste (Istimewa)

KUPANG - Duta Besar RI untuk Timor Leste, Sahat Sitorus mengaku sedang membantu memfasilitasi 150 WNI di negara itu untuk pemulangan atau repatriasi secara mandiri ke Indonesia.

"KBRI membantu mengurus sejumlah dokumen wajib yang harus dimiliki 150 WNI yang akan pulang ke Indonesia secara mandiri itu," kata Sahat Sitorus kepada Okezone, Jumat (8/5/2020).

Dia mengatakan repatriasi mandiri WNI dari negara bekas provinsi ke-27 Indonesia itu karena sejumlah alasan. Salah satu yang paling mendasar karena berakhirnya masa kontrak bagi sejumlah tenaga kerja di negara tersebut. Apalagi di tengah pandemi Covid-19 ini Timor Leste menerapkan state of emergency.

Menurut dia, pihak KBRI sedang membantu pengurusan kelengkapan dokumen visa kerja dan keperluan lainnya termasuk izin keluar dari Pemerintah Timor Leste.

"KBRI sedang membantu mengajukan keringanan denda bagi WNI yang habis masa izin tinggal kepada imigrasi setempat. Kita koordinasi juga dengan instansi terkait di Indonesia dan tentu membuat kesepakatan dengan maskapai yang dalam hal ini Sriwijaya Air," kata Sahat Sitorus menjelaskan.

Dia mengaku proses itu masih sedang dilakukan karena apapun alasannya, KBRI dan Pemerintah Timor Leste tetap akan menerapkan aturan ketat bagi calon WNI yang akan repatriasi mandiri sesuai standar kesehatan penanganan Covid-19.

"KBRI masih proses karena diperlukan kecermatan data dan harus dilakukan kerja sama dan koordinasi yang cepat dan akurat dengan berbagai instansi di Timor Leste dan Indonesia agar sesuai protokol Covid-19," katanya melalui pesan singkatnya.

Dia berharap segala proses bisa berjalan lancar agar 150 WNI itu bisa segera dipulangkan. "Semua dari mereka memilih pulang melalui Surabaya biar lebih dekat dengan daerah asal masing-masing," tambahnya.

Baca Juga: Saatnya Anak Muda Bangkit Bersama untuk Indonesia Bersama Astra

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini