nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Surat Kabar Korut Akui Kim Jong-un Tak Punya Kemampuan Bengkokkan Ruang Waktu

Rahman Asmardika, Okezone · Jum'at 22 Mei 2020 14:13 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 05 22 18 2218027 surat-kabat-korut-akui-kim-jong-un-tak-punya-kemampuan-bengkokkan-ruang-waktu-YC31VLPD8w.jpg Pemimpin Korea Utara, Kim Jong-un. (Foto: Reuters)

SEOUL - Surat kabar resmi Korea Utara membantah klaim bahwa para pemimpin rezim dapat secara ajaib membengkokkan waktu dan ruang, yang merupakan pergeseran dari tradisi panjang untuk mengidolakan kekuatan mistis para pemimpin negara terisolasi itu.

Pekan ini surat kabar Rodong Sinmun membantah bahwa keluarga Kim adalah penguasa "chukjibeop", sebuah metode lipat ruang dan melakukan perjalanan jarak jauh dalam waktu singkat. Chukjibeop adalah salah satu mitos yang telah digunakan oleh Korea Utara untuk mendewakan para pemimpinnya.

"Secara realistis, seseorang tidak dapat tiba-tiba menghilang dan muncul kembali dengan melipat ruang," tulis surat kabar pemerintah itu sebagaimana dilansir Telegraph, Jumat (22/5/2020).

Pada Kamis (21/5/2020), seorang pejabat di kementerian unifikasi Korea Selatan mengatakan bahwa tren demistifikasi rezim saat ini "patut diperhatikan".

Berbicara kepada Yonhap, pejabat itu mengatakan bahwa rezim Kim Jong-un tampaknya lebih menekankan patriotisme dan cinta pada rakyat daripada mistifikasi para pemimpin.

Setelah gagal mencapai kesepakatan dalam pertemuan puncak kedua dengan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump di Hanoi tahun lalu, Kim berfokus untuk menunjukkan lebih banyak sisi "manusiawi" -nya, mendesak rakyat Korea Utara untuk menjauh dari mistifikasi pemimpin mereka.

"Memistifikasi aktivitas revolusioner seorang pemimpin dan penampilannya akan menghasilkan penutupan kebenaran," kata Kim seperti dikutip di media pemerintah pada Maret tahun lalu setelah kegagalan negosiasi dengan AS.

"Loyalitas absolut akan muncul ketika (mereka) terpesona oleh pemimpin secara manusiawi dan bersama-sama."

Awal bulan ini, Kim muncul untuk pertama kali tampil di muka umum selama 20 hari setelah rumor tentang kesehatannya.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini