Lebaran Idul Fitri, Total 17 Pasien Positif Covid-19 di Probolinggo Sembuh

Avirista Midaada, Okezone · Selasa 26 Mei 2020 12:03 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 05 26 519 2219671 lebaran-idul-fitri-total-17-pasien-positif-covid-19-di-probolinggo-sembuh-xf6mFDidqb.jpg Ilustrasi

PROBOLINGGO - Kabar baik kembali datang dari 17 pasien positif corona dari Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur yang dinyatakan sembuh menjelang lebaran Idul Fitri.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Probolinggo dr. Anang Budi Yoelijanto mengatakan bila berdasarkan hasil swab test kedua yang dilakukan kepada 17 pasien tersebut dinyatakan negatif.

"Alhamdulillah dinyatakan sembuh ada 17 pasien Covid-19,” ujar Anang Budi pada Selasa (26/5/2020) melalui rilisnya.

Dari 17 pasien tersebut berasal dari enam kecamatan yang ada di Kabupaten Probolinggo, diantaranya Kecamatan Kraksaan, Kecamatan Krucil, Kecamatan Banyuanyar, Kecamatan Dringu, Kecamatan Pajarakan, dan Kecamatan Pakuniran.

Meski telah dinyatakan sembuh dan dipulangkan dari rumah sakit rujukan sejak Sabtu 23 Mei 2020 dan menjalani isolasi mandiri di rumah masing – masing, tim gugus tugas tetap mengimbau pasien itu menjaga kesehatan sesuai protokol kesehatan dan wajib melakukan karantina 14 hari di rumah.

"Tetap jaga jarak dengan orang lain dan pakai masker serta rajin cuci tangan. Nantinya 7 hari ke depan kami akan melakukan tes swab evaluasi," ucapnya.

Para pasien sembuh ini berasal dari klaster lepas, klaster perjalanan dari wilayah Jatim, klaster Bali, klaster pelatihan haji, dan klaster Ponpes Temboro Magetan.

Mereka dipulangkan secara bertahap sejak hari Sabtu 23 Mei hingga ada sebagian dipulangkan hari ini. Meski dipulangkan, namun mereka tetap harus menjalani isolasi mandiri di rumahnya.

“Tetap diminta jaga kesehatan sesuai protokol kesehatan dan wajib melakukan karantina 14 hari di rumah, tetap jaga jarak dengan orang lain dan pakai masker serta rajin cuci tangan. Nantinya tujuh hari ke depan kami akan melakukan tes swab evaluasi,” jelasnya.

Pihaknya juga menegaskan kemungkinan para pasien tersebut masih rentang terpapar corona kembali bila tak melaksanakan protokol kesehatan.

Di Kabupaten Probolinggo sendiri hingga Selasa 26 Mei 2020 terdapat 83 orang terkonfirmasi pasien positif corona, dengan 35 pasien dinyatakan sembuh, dan dua orang meninggal dunia.

Sementara jumlah pasien dalam pengawasan (PDP) corona mencapai terdapat 56 orang, tiga PDP masih diawasi, 35 orang telah selesai diawasi, dan 18 PDP meninggal dunia.

Sedangkan total orang dalam pemantauan (ODP) mencapai 465 orang, 124 orang masih di pantau, 336 orang sudah dipantau, dan lima ODP meninggal dunia.

(kha)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini