Pandemi Covid-19, WNI Italia Rayakan Idul Fitri 1441 H dengan Kegiatan Daring

Rahman Asmardika, Okezone · Rabu 27 Mei 2020 10:24 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 27 18 2220181 pandemi-covid-19-wni-italia-rayakan-idul-fitri-1441-h-dengan-kegiatan-daring-PIfEWKX7dP.jpg Foto: Dok. Kemlu RI.

ROMA – Pandemi global Covid-19 membuat perayaan Idul Fitri 1441 Hijriah terasa berbeda bagi umat Muslim di seluruh dunia, termasuk bagi para warga negara Indonesia (WNI) di Italia yang berada pada “fase kedua” penanganan wabah itu. Meski lockdown di Negeri Piza telah dilonggarkan, masih terdapat aturan protokol kesehatan yang harus diikuti dan dilaksanakan.

Masjid besar Roma juga belum dibuka untuk Sholat Idul Fitri dan Organisasi Muslim Italia dan Pemerintah Italia sepakat menghimbau umat Muslim untuk melakukan Sholat Idul Fitri secara terbatas, tidak dalam jumlah banyak dan sebaiknya dilakukan dari rumah masing-masing.

Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Roma juga turut menggelar kegiatan Idul Fitri pada Minggu (24/05/2020). Kegiatan itu dilakukan secara daring melalui aplikasi Zoom dan Facebook Live KBRI Roma.

Duta Besar Indonesia untuk Italia, Esti Andayani beserta Staff KBRI Roma dalam jumlah terbatas melakukan takbiran dari Wisma Duta Indonesia. Takbiran online dimulai pukul 08.00 pagi waktu setempat dan berlangsung selama sekira 30 menit.

Selanjutnya, dilakukan kegiatan Sholat Idul Fitri berjamaah dan serempak dari rumah masing-masing. Agenda virtual kemudian dilanjutkan dengan Khutbah Idul Fitri online pada pukul 08.40 pagi dengan khatib Bapak Danang Waskito, MA.

Rangkaian kegiatan Idul Fitri online tersebut telah diikuti oleh warga negara Indonesia di Italia, para mahasiswa, serta WNI ABK kapal pesiar yang sedang berada di Italia

Setelah kegiatan daring tersebut, Dubes Esti Andayani didampingi Wakil Kepala Perwakilan George Lantu melakukan silaturahmi terbatas dengan para Staff KBRI Roma dan keluarga. Protokol kesehatan dan keamanan tetap diberlakukan, termasuk dengan menjadwalkan kedatangan staf dan keluarga secara bergiliran. Meski tidak berjabat tangan, semuanya saling memaafkan dan mempererat persaudaraan.

Ke depannya, KBRI Roma merencanakan untuk menyelenggarakan “Silaturahmi/Syawalan Online" dengan masyarakat Indonesia di negara akreditasi pada kesempatan pertama. Dengan berbagai kegiatan tersebut, semangat silaturahmi tetap terjaga dan kegiatan ibadah tak berkurang hikmatnya di tengah pandemi Covid-19 yang masih berlangsung di Italia.

Italia merupakan salah satu negara terdampak pandemi Covid-19 terparah, mencatat 230.555 kasus yang dikonfirmasi, dengan hampir 33.000 kematian.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini