Sholat Ied di Area Parkir, Ratusan Jamaah di Jerman Terapkan Physical Distancing

Ahmad Luthfi, Okezone · Rabu 27 Mei 2020 14:02 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 27 18 2220325 sholat-ied-di-area-parkir-ratusan-jamaah-di-jerman-terapkan-physical-distancing-an8WgaINhN.jpg (Foto: IGMG Wetzlar Fatih Mosque)

JAKARTA - Toko Ikea dekat kota Frankfurt, Jerman mengizinkan area parkir mobil untuk dijadikan tempat sholat ied bagi muslim di negara tersebut. Terlihat dari foto udara, jamaah sholat menerapkan physical distancing untuk mencegah penularan virus corona.

Dilansir Dailysabah, sebanyak 800 muslim sholat di area parkir luas, yang menandakan selesainya bulan Ramadhan pada Minggu. "Doa penutup dengan semua Muslim di Wetzlar seperti hadiah bagi kami," kata seorang ketua masjid kepada BBC News.

Tempat-tempat ibadah telah dibuka kembali di Jerman tetapi mereka harus mengikuti aturan untuk menghentikan penyebaran virus corona.

Gambar jamaah sholat ied di area parkir Ikea ini tersebar luas. Sebelum sholat dilaksanakan, ketua masjid Wetzlar, Kadir Terzi, telah mendekati pihak Ikea pekan lalu.

Ini dilakukan untuk mencari ruang alternatif guna mengakomodasi banyak orang dengan menjaga jarak. Dia mengatakan kepada BBC News bahwa dia tidak berharap akan menerima respons positif.

"Tetapi manajer toko tidak ragu-ragu sedetik pun dan berkata 'ya, kamu bisa shalat' - saya terkejut dan senang pada saat yang sama," jelas Terzi, yang kemudian mengatur sholat bersama dengan masjid Ditib Wetzlar.

Terzi mengatakan doa itu sangat penting karena banyak jamaah merasa terisolasi selama Ramadhan karena pembatasan coronavirus.

Biasanya bulan puasa adalah waktu yang sibuk ketika keluarga dan masyarakat berkumpul setiap malam untuk berbuka puasa dan mengatur kegiatan amal.

"Itu adalah bulan Ramadhan yang sama sekali berbeda, tanpa kontak, tanpa kunjungan dan tanpa berbuka puasa bersama," ia menjelaskan, menambahkan bahwa kesempatan untuk berdoa bersama sangat berharga.

(ahl)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini