Transisi New Normal, Mal Boleh Buka tapi Bioskop Tetap Tutup

Avirista Midaada, Okezone · Jum'at 29 Mei 2020 19:31 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 29 519 2221707 transisi-new-normal-mal-boleh-buka-tapi-bioskop-tetap-tutup-mLe6a0PTbp.jpg Ilustrasi (Foto : Shutterstock)

MALANG – Meski memasuki masa transisi menuju new normal, bioskop – bioskop di Kota Malang tampaknya masih belum diizinkan untuk beroperasi guna mencegah penyebaran corona, berkaca pada rancangan Peraturan Walikota (Perwali) yang disosialisasikan.

Ketua Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) Malang Suwanto menyatakan berdasarkan instruksi dari Pemkot Malang meski mal tetap buka, bioskop belum diperbolehkan beroperasi.

“Jangan dulu dibuka kata Pak Sekda. Tapi menurut saya karena pandemi selesai kapan kita tidak tahu, kalau kita biarkan bioskop tidak buka, ekonomi disana juga akan hancur, artinya kita harus beradaptasi,” ujar Suwanto di Balai Kota Malang, Jumat (29/5/2020).

Meski demikian pihaknya mengusulkan untuk bisa membuka bioskop, namun dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

“Saya kasih masukan sebenarnya tidak masalah, asalkan dengan catatan physical distancing, misal kapasitas 500 kami buat satu kosong satu ada,” ujar Suwanto.

Pihaknya juga tengah menyiapkan penyemprotan disinfektan di bangku–bangku penonton dan penyemprotan di pintu keluar. Selain itu penumpang saat memasuki bioskop juga akna dicek suhu tubuh dan tetap diwajibkan mengenakan masker.

“Kalau bisa dimungkinkan begitu keluar disemprotin, di setiap exiting, saya kira itu lebih bagus. Memakai thermo gun dan wajib bermasker bagi pengunjungnya,” terangnya.

Baca Juga : 749 Angkutan Travel 'Gelap' yang Angkut Pemudik Ditindak Polisi

Dengan pemberlakuan syarat–syarat tersebut, pihaknya berharap bioskop bisa diperbolehkan beroperasi merujuk pada Perwali.

“Jadi ini Perwal (Peraturan Walikota) masih digodok, semoga bisa didengarkan masukan saya. Masing-masing mal beda – beda, biasanya bukanya pukul 11.00 – 20.00 WIB kalau weekday, weekend sampai jam 21.00 WIB,” pungkasnya.

Sebagai informasi bioskop–bioskop di Kota Malang telah tutup sejak bulan Maret saat pandemi corona melanda.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini