Haji 2020 Batal, 254 Calon Jamaah Kulonprogo Gagal Berangkat ke Tanah Suci

Kuntadi, Koran SI · Selasa 02 Juni 2020 19:56 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 06 02 510 2223488 haji-2020-batal-254-calon-jamaah-kulonprogo-gagal-berangkat-ke-tanah-suci-UZonZ55KgQ.jpg Ilustrasi (Dok Okezone)

KULONPROGO – Sebanyak 254 calon jamaah haji asal Kulonprogo, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) batal berangkat ke tanah suci. Ini menyusul keputusan Menteri Agama Fachrul Razi terkait pembatalan pelaksanaan ibadah haji 2020.

“Sesuai data tahun ini sebenarnya ada 221 jamaah haji di tahap satu dan 33 di tahap dua. Namun, tahun ini Kementerian Agama membatalkan pemberangkatan jemaah haji,” kata Kasi Pelayanan Haji dan Umroh Kementerian Agama Kulonprogo, Nur Rahmawan Sugiharto, di kantornya, Selasa (2/6/2020).

Pembatalan berangkat haji tahun ini sudah diketahui para jamaah. Mereka diminta mendengarkan pernyataan langsung dari Menteri Agama. Meski begitu, Kemenag Kulonprogo akan meneruskan informasi ini ke jamaah langsung.

“Mereka akan kita berangkatkan tahun depan. Kecuali ada yang mengambil uang pelunasan harus antre lagi dari depan,” ujarnya.

Suasana Masjidil Haram saat Jamaah Haji Thawaf Ifadah

Setiap jamaah yang hendak melaksanakan haji harus membayar setoran awal Rp25 juta untuk mendapatkan kursi. Sedangkan pelunasan harus dibayarkan sekitar satu bulan sebelum keberangkatan. Rata-rata biaya haji dari Kulonprogo sekitar Rp26 juta.

“Masa tunggu kita sekitar 27 tahun. Jadi sekarang daftar baru bisa berangkat 27 tahun lagi,” katanya.

Adanya pembatalan ini, kata Nur Rahmawan, justru disambut positif jamaah. Mereka bisa mengerti dengan kondisi Covid-19 yang tidak memungkinkan mereka berhaji. Apalagi mayoritas haji asal Kulonprogo merupakan lansia yang rentan terkena virus corona.

“Kalau gejolak tidak ada. Mereka malah menyambut baik,” ujarnya.


Baca Juga : Haji 2020 Batal, Gubernur Sulsel: Ambil Hikmahnya

Salah seorang calon jamaah haji, Anita Fajarianti, mengaku pasrah dengan keputusan ini. Dia sudah menunggu selama 9 tahun untuk bisa masuk dalam daftar tunggu haji. Namun, ketika keberangkatan selalu ada kendala. Padahal semua persiapan sudah lengkap, baik mental, fisik, hingga materi.

“Kalau penundaan ini yang terbaik ya kita terima. Kalau kecewa pasti ada, tetapi sedikit,” ujarnya.


Baca Juga : Batal Berangkat Haji Setelah Menunggu 8 Tahun, Calon Jamaah Ikhlas

(erh)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini