Jalan Asia Afrika Bandung Kembali Ditutup

Agregasi Sindonews.com, · Rabu 24 Juni 2020 21:39 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 06 24 525 2235874 jalan-asia-afrika-bandung-kembali-ditutup-G23SHZUNs2.jpg Jalan Asia Afrika Bandung (Foto : Sindonews.com)

BANDUNG - Jalan Asia Afrika kembali ditutup pada pukul 20.00 hingga 06.00 WIB mulai hari ini, Rabu (24/6/2020). Hal tersebut dilakukan Pemkot dan Polrestabes Bandung lantaran banyak warga yang bekerumun di sana saat pandemi virus corona atau Covid-19.

Petugas dari Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polrestabes Bandung dan Dishub Kota Bandung, memasang barier di perempatan Jalan Tamblong-Asia Afrika dan Lembong-Tamblong.

Diketahui, jalan bersejarah terkait Konferensi Asia Afrika (KAA) tersebut, sebelumnya sempat ditutup pada masa pemberlakuan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) maksimal. Namun saat PSBB proporsional diterapkan pada 2 Juni 2020 malam, Pemkot dan Polrestabes Bandung membuka kembali 19 titik ruas jalan yang sebelumnya dilakukan penyekatan.

"Betul, (Jalan Asia Afrika) akan ditutup mulai malam ini di salah satu ring 1," kata Kasatlantas Polrestabes Bandung Kompol Bayu Catur Prabowo seperti dilansir dari Sindonews.com.

Ditanya apakah penyekatan akan kembali dilakukan terhadap sejumlah ruas jalan lain, seperti yang disebutkan dalam pesan singkat yang beredar? Bayu mengemukakan, hal itu akan dibahas lebih lanjut.

Untuk saat ini, baru Jalan Asia Afrika yang ditutup. "Untuk ruas jalan lain baru dibahas. Ada beberapa ruas jalan yang akan ditutup karena tingkat penyebaran COVID-19 kembali bertambah. Jadi penutupan ini sebagai warning ke masyarakat," ujar Kompol Bayu.

Menurut Bayu, penyekatan ruas Jalan Asia Afrika dan menyusul beberapa ruas jalan lain kembali dilakukan karena sejak PSBB proporsional diterapkan di Kota Bandung, aktivitas masyarakat kembali seperti biasa.

Baca Juga : CFD Sudirman-Thamrin Ditutup, Ini Lokasi Penggantinya

Seperti di kawasan Jalan Asia Afrika dan Alun-alun, tutur Bayu, selama PSBB proporsional banyak kerumunan warga. Bahkan, banyak yang tak mengindahkan protokol kesehatan. Salah satu contohnya, berkerumun dan tak menjaga jarak fisik dengan orang lain. "Iya pisan kang, banyak yang berkerumun. Makanya dengan penutupan ini sebagai warning bahwa penularan Covid 19 masih terjadi," tutur Kasatlantas.

Diketahui, pada 1 Juni 2020 malam, Satlantas Polrestabes Bandung membuka kembali beberapa ruas jalan yang sebelumnya disekat. Antara lain, ring 1 atau pusat kota, ruas jalan yang dibuka antara lain Jalan Merdeka, Dago, Lembong, Tamblong, Asia Afrika, Braga, dan Otto Iskandardinata (Ottista).

Ring II sepanjang jalur lingkar selatan memasuki Kota Bandung, mulai dari Jalan Kopo, Moh Toha, Buahbatu, dari arah Gatot Subroto hingga Ahmad Yani.

(aky)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini