Kemunculan Buaya Timbulkan Keresahan Warga Waduk Jatigede

Beben Hva, iNews · Jum'at 26 Juni 2020 07:56 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 26 525 2236620 kemunculan-buaya-timbulkan-keresahan-warga-waduk-jatigede-FbcInmnaxG.jpg

SUMEDANG - Warga Desa Cisurat, Kecamatan Wado, Sumedang, Jawa Barat dihebohkan dengan tertangkapnya seekor anak buaya dengan ukuran panjang lebih dari satu meter di perairan Bendungan Jatigede, Blok Gurandil. Kehadiran buaya tersebut telah meresahkan warga sekitar yang kerap memancing di sekitar bendungan.

Sebelumnya warga setempat warga sempat menangkap seekor anak buaya yang tersangkut di jala ikan. Diperkirakan masih ada puluhan anak buaya lainnya yang hidup di perairan Bendungan Jatigede.

Sabren, seorang warga di Waduk Jatigede mengatakan, dia menemukan seekor buaya yang tersangkut di jaringnya saat dia tengah mencari ikan gabus.

“Dikira yang nyangkut (ikan) gabus, tenaganya gede... saya belum curiga itu buaya... Setelah diangkat memang terlihat buntutnya dan kepalanya ternyata memang betul itu buaya,” jelasnya.

Dia mengatakan telah melihat ada buaya lain yang berkeliaran di perairan sekitar bendungan.

“Tadi malam sudah terlihat lagi, (buaya) sebesar galon isi ulang.”

Kepala Dusun Cisurat Anub Suharta mengatakan banyaknya puing bangunan rumah yang terendam di sekitar area Bendungan Jatigede menjadi tempat tinggal anak buaya. Dia juga meminta agar para pemancing agar tetap waspada terhadap ancaman serangan buaya.

“Untuk sementara ini kepada seluruh pemancing diberikan pemberitahuan agar berhati-hati jangan sampai menyentuh air,” jelasn Anub Suharta.

Sejak penemuan buaya tersebut hingga kini belum ada laporan korban jiwa atau pemancing diterkam buaya yang kini bermunculan di area Bendungan Jatigede.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini