AS Desak PBB Pertahankan Pemberlakuan Embargo Senjata Terhadap Iran

Agregasi VOA, · Selasa 30 Juni 2020 17:21 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 30 18 2238954 as-desak-pbb-pertahankan-pemberlakuan-embargo-senjata-terhadap-iran-NIGADETGSa.jpg Utusan Khusus AS untuk Timur Tengah, Brian Hook. (Foto: AFP)

UTUSAN Khusus Amerika Serikat (AS) untuk PBB Brian Hook mengatakan bahwa embargo senjata yang diberlakukan badan dunia itu untuk Iran harus tetap dipertahankan meski masa berlakunya telah habis. Hook menyebut Iran sebagai negara sponsor terorisme dan harus menjadi perhatian semua pihak.

Pada Associated Press, Hook mengatakan bahwa dunia seharusnya mengabaikan ancaman Iran untuk membalas jika embargo senjata terhadap Iran yang sedianya berakhir Oktober mendatang, diperpanjang.

Menurutnya, embargo senjata PBB sejauh ini telah menghentikan Iran untuk membeli pesawat tempur, tank, kapal perang dan persenjataan lain; tetapi gagal menghalangi penyelundupan senjata oleh Iran ke zona tempur.

Hook menilai larangan impor dan ekspor harus tetap diberlakukan, demikian diwartakan VOA.

Misi Iran di PBB belum menanggapi permintaan Associated Press untuk menjawab pernyataan Hook.

Desakan untuk memperpanjang sanksi itu disampaikan Hook ketika melawat ke Abu Dhabi, Uni Emirat Arab, sebagai bagian dari tur ke Timur Tengah. Pada Sabtu (27/6/2020) dia bertemu dengan Menteri Luar Negeri UEA Abdullah bin Zayed Al Nahyan dan bertemu dengan beberapa pejabat lainnya Minggu (28/6/2020). Hook menolak mengatakan negara mana yang akan dikunjunginya selain UEA dalam tur ini.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini