Mamah Muda Melahirkan di Dalam Bus saat Melaju ke Surabaya

Avirista Midaada, Okezone · Selasa 30 Juni 2020 23:01 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 06 30 519 2239096 mamah-muda-melahirkan-di-dalam-bus-saat-melaju-ke-surabaya-AjKvzZODbQ.jpg Suster saat menyelamatkan bayi (foto: istimewa)

BOJONEGORO - Penumpang bus PO Bintang Mas jurusan Surabaya - Bojonegoro dibuat tegang, dan panik oleh seorang perempuan yang mendadak melahirkan di dalam bus.

Kejadian penumpang melahirkan ini pada Selasa (30/6/2020), saat bus PO Bintang Mas yang dikendarai Abdul Wahid melaju dari Surabaya menuju Bojonegoro. Setibanya di Kecamatan Baureno tiba-tiba ada salah penumpang perempuan bernama Siti Wijayanti (28) warga Singgahan, Kabupaten Tuban, yang mendadak kontraksi dan melahirkan di dalam bus.

Warga sekitar sempat merekam menegangkannya proses evakuasi bayi dan ibunya dari dalam bus menuju sebuah Puskesmas Baureno tepat dimana bus berhenti. Bahkan video evakuasi ini diunggah oleh akun instagram @bojonegoromatoh dan mendapat beragam reaksi dari warganet.

"Alhamdulillah lahir di dalam bus BINTANG MAS jurusan Surabaya- Bojonegoro.. pagi ini seorang ibu melahirkan dengan selamat di atas bis Bintang Mas yang melaju dari arah Surabaya menuju Bojonegoro, kejadiannya tepat di depan Puskesmas Baureno. Alhamdulillah ibu dan bayinya dalam kondisi baik dan selamat," tulis akun @bojonegoromatoh disertai unggahan videonya.

 Lahiran

Sementara itu pengemudi bus, Abdul Wahid mengatakan awalnya ia mendengar teriakan dari salah satu penumpang bahwa ada penumpangnya yang mendadak melahirkan di dalam bus.

"Ada penumpang yang teriak ada orang melahirkan di dalam bus. Saat itu jalan lagi ramai makanya saya cari posisi untuk menyelamatkan ibu dan bayinya," ungkap Wahid.

Saat itu posisi kepala bayi sudah keluar sehingga membuat kru bus akhirnya mencoba memberikan pertolongan dengan menaruh handuk agar bayi tak jatuh. Beruntung meski berada di dalam bus, kondisi ibu dan bayi selamat. Setelah perlahan-lahan jalan, Wahid menghentikan busnya tepat di depan Puskesmas Baureno.

Penumpang tersebut akhirnya dievakuasi bersama bayinya yang dilahirkan ke Puskesmas Baureno dengan selamat.

Sementara itu Humas Puskesmas Baureno, Iskak menyebut bila penumpang dan bayinya asal Singgahan ini selamat dan tengah menjalani perawatan di Puskesmas Baureno.

"Sampai di Puskesmas Baureno sekitar pukul 08.30 WIB petugas langsung memberikan pertolongan kepada ibu dan bayinya. Alhamdulillah semua dalam keadaan selamat dan sehat," tuturnya.

Ia menambahkan, bayi yang dilahirkan berjenis kelamin perempuan dengan berat 3,4 kilogram dan panjang 50 sentimeter.

(wal)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini