Tempat Karantina Tenaga Medis Menjadi Kluster Baru Penyebaran Covid-19

Bagus Alit, iNews · Rabu 01 Juli 2020 08:35 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 07 01 340 2239252 tempat-karantina-tenaga-medis-menjadi-kluster-baru-penyebaran-covid-19-Y0360fxUs8.jpg Ilustrasi tenaga medis/Foto: tangkapan layar (Bagus Alit-iNews)

BADUNG - Jumlah kasus positif Covid-19 di Provinsi Bali menunjukkan peningkatan tajam. Ironisnya, salah satu kluster penyebaran justru berasal dari tempat karantina para tenaga medis yang selama ini bertugas melakukan rapid test maupun swab test.

Akibat tak disiplin menerapkan protokol kesehatan usai bertugas, puluhan tenaga medis di Kabupaten Badung, bali akhirnya terpapar Covid-19. Kontaminasi virus corona terjadi karena ada seorang petugas yang tidak menerapkan protokol kesehatan dengan baik usai bertugas

koordinator Satuan Tugas Operasi di Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 Kabupaten Badung, Dokter I Nyoman Gunarta membenarkan adanya kluster baru penyebaran Covid-19 tersebut. Penyebaran kluster ini berawal dari seorang staf sopir ambulans yang berasal dari daerah pandemi Covid-19.

Baca juga: Media Asing Soroti Keberhasilan Bali Hadapi Pandemi Covid-19

Sopir ambulans itu menjadi yang pertama kali terkena Covid-19. Penyebaran ke tenaga medis lain terjadi karena di tempat karantina mereka tak menerapkan protokol kesehatan dengan baik. Sehingga menyebabkan tenaga medis lainnya dengan mudah ikut tertular.

Nyoman Gunarta menjelaskan, tidak ada asumsi petugas medis langsung kena covid-19 saat menangani pasien, karena saat bertugas selalu menggunakan apd lengkap.

"Dari jumlah keseluruhan, 19 tenaga medis di Kabupaten Badung yang terpapar Covid-19, 12 orang di antaranya terdiri dari dokter umum, perawat, serta petugas ambulans di tempat karantina," papar Gunarta, Rabu (1/7/2020).

Dengan adanya kluster baru tersebut, Satgas Operasi langsung melakukan sterilisasi setiap hari di tempat karantina, termasuk mengatur jarak kamarnya. Bagi tenaga medis yang sempat menangani pasien Covid-19, diwajibkan menjalani swab test.

(fmh)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini