Pandemi Corona, 800 Perusahaan Tutup dan 25 Ribu Buruh Di-PHK di Banten

Hambali, Okezone · Kamis 09 Juli 2020 20:05 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 09 340 2243930 pandemi-corona-800-perusahaan-tutup-dan-25-ribu-buruh-di-phk-di-banten-zsjT77wylL.jpg Gubernur Banten Wahidin Halim (Foto: Okezone/Hambali)

TANGERANG - Gubernur Wahidin Halim (WH) mengungkap, jika data terakhir menyebut ada sekira 800 perusahaan tutup serta sekira 25 ribu buruh terkena pemutusan hubungan kerja (PHK) dan dirumahkan di Provinsi Banten.

Meski, situasi itu bukan semata-mata terimbas Covid-19 di Tanah Air, melainkan juga ada faktor lain secara global. Misalnya, soal permintaan ekspor yang menurun beberapa periode terakhir.

"Yang di PHK data kita ada 25 ribu lebih. Lalu dari 800 perusahaan data kita terakhir itu sudah tutup perusahaannya, dan ada yang pindah juga. Tapi masih ada 15 ribu perusahaan yang masih aktif di sini," ungkap Wahidin di Istana Nelayan, Tangerang, Kamis (9/7/2020).

"Bukan cuma dampak Covid, tapi karena persoalan-persoalan ekspor yang kurang," imbuhnya.

Baca Juga: Curhat Korban PHK, Pulang Kampung untuk Bertahan Hidup 

Saat ini, kata WH, tak banyak perusahaan yang merekrut pegawai baru dengan membuka kembali lowongan kerja. Beberapa di antaranya adalah perusahaan sektor farmasi dan kimia.

"Info penerimaan kerja masih lumayan, tapi untuk sektor farmasi dan kimia," ucapnya.

Perusahaan yang akhirnya gulung tikar dan menutup usahanya itu kebanyakan beroperasi di wilayah Tangerang Raya, khususnya Kabupaten Tangerang dan Kota Tangerang. Sedangkan Kota Tangerang Selatan hanya sebagian kecilnya saja.

Namun, seiring pelonggaran Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang diberikan belum lama ini, maka kondisi itu tak memburuk. Banyak perusahaan memulai kembali produksinya. Bahkan, tak sedikit investor menawarkan kerjasama mendirikan pabrik di Banten.

"Banyak juga yang investasi di bidang teknologi," tukasnya.

Baca Juga: Bangkit Setelah Di-PHK, Simak 5 Caranya Step by Step

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini