Petani Gunakan Micin Penyedap Rasa untuk Suburkan Tanaman

Edi Prayitno, iNews · Senin 13 Juli 2020 14:28 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 13 512 2245569 petani-gunakan-micin-penyedap-rasa-untuk-suburkan-tanaman-dhqdZ44Sca.jpg Petani di Kendal. Foto: iNews

KENDAL - Pupuk subsidi dikabarkan langka di Kabupaten Kendal, Jawa Tengah. Padahal petani padi di sana sedang menghadapi masa tanam kedua.

Sejumlah petani mengaku mengalami kesulitan mendapatkan pupuk subsidi tersebut karena pedagang mengaku stok. Beberapa toko kini hanya menyediakan pupuk non subsidi.

Beberapa petani pun harus memutar otak agar padi yang sudah mereka tanam tidak mengalami gagal panen. Salah satu cara yang ditempuh adalah menggunakan micin atau penyedap rasa makanan sebagai pengganti pupuk.

Salah satu petani, Purwadi mengatakan kelangkaan pupuk saat musim tanam kedua selalu terjadi setiap tahunnya. Oleh karena itu ia berharap pemerintah segera mencarikan solusi agar kondisi petani tidak semakin terpuruk.

Baca Juga:  Warga Olah Limbah Rumput Jadi Vaksin Cegah Karhutla 

“Susahnya itu kan di toko-toko enggak ada, langka. Yang ada pupuk non subsidi,” ujarnya pada Senin (13/7/2020).

Hal serupa juga dikatakan petani lain, Muhammad Arifin. Kelangkaan pupuk subsidi membuatnya terpaksa memakai micin suntuk menyuburkan tanaman.

“Mecin sampai sekarang. Ya kalau pakai pupuk itu (micin) petumbuhannya cepat,” ucapnya.

(abp)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini