Tanpa Ayah Sah, Ibu Jual Bayi Rp3 Juta Usai Dilahirkan

Budi Sunandar, iNews · Selasa 21 Juli 2020 17:24 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 21 340 2249913 tanpa-ayah-sah-ibu-jual-bayi-rp3-juta-usai-dilahirkan-7GUkB7hYVa.jpg Seorang ibu jual bayi di Padang, Sumbar/Foto: Budi Sunandar-iNews

PADANG - Seorang ibu muda nekat menjual bayinya yang baru dilahirkan di bidan seharga Rp3 juta di daerah Pampangan, Lubuk Begalung, Padang, Sumatra Barat. Pelaku berhasil diamankan polisi setelah terlibat cekcok dengan tetangganya, hingga aibnya terbongkar.

Mendapat laporan dari warga terkait bisnis jual beli bayi, polisi berpakaian sipil dari Polsek Lubeg mendatangi lokasi rumah seorang warga yang telah mengadopsi bayi berusia 3 minggu. Pengadopsi membayar uang sebesar Rp3 juta kepada ibu sang bayi.

Petugas mendapati seorang bayi berjenis kelamin laki-laki berusia tiga minggu yang diasuh oleh pasangan suami istri yang selama ini tidak memiliki keturunan. Setelah mendapat kebenaran informasi. petugas langsung mengamankan ibu kandung sang bayi. Sang ibu kini dijadikan sebagai tersangka.

Pelaku yang bernama Fitri (25) ini mengaku terdesak ekonomi dan tidak diterima orangtuanya kembali ke rumah karena hamil di luar nikah. Bayi tersebut merupakan hasil hubungan gelapnya dengan seorang pria yang saat ini di penjara karena kasus narkoba di Polsek Koto Tangah.

Ironisnya, peristiwa ini telah dua kali ia lakukan saat melahirkan anak. Bayi pertama tersebut dijual Rp1,5 juta pada 2017 di daerah Sijunjung.

Pelaku selanjutnya ditangani dan diserahkan ke Unit Perlindungan Perempuan dan Anak Polresta Padang untuk menjalani proses hukum lebih lanjut. Tersangka dijerat dengan Pasal 83 UU Perlindugan Anak dengan ancaman hukuman maksimal 15 tahun penjara.

"Prosedur penyerahan atau adobsi bayi tidak sesuai dengan aturan yang berlaku. Ini inisiatif dari tersangka untuk menyerahkan anaknya ke orang lain," kata Kapolsek Lubeg AKP Andi P. Lorena, Selasa (21/7/2020).

(fmh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini