Gempa 7,8 SR Guncang Semenanjung Alaska, Peringatan Tsunami Diumumkan

Rahman Asmardika, Okezone · Rabu 22 Juli 2020 14:41 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 22 18 2250351 gempa-7-8-sr-guncang-semenanjung-alaska-peringatan-tsunami-diumumkan-qokWLUfU2R.jpg Ilustrasi.

GEMPA berkekuatan 7,8 dalam skala Richter telah terdeteksi di Semenanjung Alaska pada Rabu (22/7/2020). Survei Geologi Amerika Serikat (USGS) mencatat gempa berada pada kedalaman 13,0 kilometer.

Pusat Peringatan Tsunami Nasional Amerika Serikat (AS) telah mengeluarkan peringatan tsunami, yang berlaku untuk Alaska selatan dan Semenanjung Alaska menyusul gempa tersebut.

“Serangkaian gelombang kuat dan arus deras mungkin melanda pantai-pantai di dekat Anda. Anda dalam bahaya. Menjauh dari perairan pantai. Pergi ke dataran tinggi atau pedalaman sekarang. Jauhi pantai sampai pejabat lokal mengatakan aman untuk kembali,” demikian peringatan dari Badan Cuaca Nasional AS yang diterima warga setempat.

Sejauh ini tidak ada laporan kerusakan atau korban yang disebabkan oleh gempa tersebut.

Alaska, negara bagian paling utara AS adalah salah satu wilayah dengan aktivitas seismik tertinggi di negara itu. Gempa terkuat kedua tercatat di sana pada 1964, berukuran 9,2 pada skala Richter.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini