Pria Alaska Temukan Pesan dari Pelaut Rusia yang Hanyut di Dalam Botol Selama 50 Tahun

Rahman Asmardika, Okezone · Senin 19 Agustus 2019 12:27 WIB
https: img.okezone.com content 2019 08 19 18 2093752 pria-alaska-temukan-pesan-dari-pelaut-rusia-yang-hanyut-di-dalam-botol-selama-50-tahun-7iBEX26hGD.jpg Foto: Tyler Ivanoff/AP.

JUNEAU - Seorang pria di Alaska yang sedang mencari kayu bakar secara tak sengaja menemukan sebuah pesan di dalam botol yang berusia 50 tahun.

Tyler Ivanoff menemukan surat yang ditulis dalam bahasa Rusia itu, dan mem-posting-nya di Facebook, meminta bantuan untuk menerjemahkannya. Dengan bantuan yang dia terima, terungkap bahwa surat itu ditulis oleh seorang pelaut di atas kapal Rusia, Sulak pada 20 Juni 1969.

Kisah itu dilaporkan oleh media Rusia, yang melacaknya ke penulis surat itu, Kapten Anatoly Botsanenko.

Ivanoff mengatakan dia mencari kayu bakar sekira 32 kilometer di sebelah barat Desa Shishmaref ketika dia menemukan botol itu tertutup dengan sumbat gabus plastik.

Foto: BBC.

"Saya harus menarik sangat keras. saya menggunakan gigi saya untuk benar-benar menyelesaikannya," kata Ivanoff kepada surat kabar Nome Nugget sebagaimana dilansir BBC, Senin (19/8/2019).

"Botol itu masih kering di dalam dan masih berbau seperti anggur atau apa pun, alkohol tua. Surat itu kering".

Terjemahan yang didapat Ivanoff dari Facebook berbunyi sebagai berikut:

"Salam yang tulus! Dari kapal induk Rusia Armada Timur Jauh, kapal VRXF Sulak. Saya menyambut Anda yang menemukan botol itu dan meminta Anda membalas ke alamat Vladivostok -43 BRXF Sulak kepada seluruh kru. Kami berharap Anda mendapatkan kesehatan yang baik dan masa hidup yang panjang dan berlayar bahagia, 20 Juni 1969".

Saat Kapten Botsanenko yang kini telah berusia 86 tahun, mendengar mengenai suratnya yang ditemukan, dia menangis bahagia.

"Sepertinya tulisan tanganku. Pasti! Armada industri perikanan Timur! E-I-F-F!" katanya kepada saluran televisi Rusia, Rossiya 1.

Kapten Botsanenko dilaporkan telah mengawasi pembangunan Sulak pada 1966 dan berlayar dengannya sampai 1970.

Ivanoff menulis di Facebook bahwa "cukup keren bagaimana sebuah foto kecil tumbuh menjadi sebuah cerita," dan mengatakan ia mungkin mempertimbangkan untuk meluncurkan pesannya sendiri dalam botol suatu hari nanti.

"Itu sesuatu yang mungkin bisa saya lakukan dengan anak-anak saya di masa depan," katanya seperti dikutip Associated Press. "Cukup kirim pesan dalam botol di luar sana dan lihat ke mana perginya".

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini