50 Warga Gunungkidul Jalani Tes Swab Usai Hadiri Kenduri

Agregasi Sindonews.com, · Senin 27 Juli 2020 21:18 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 27 510 2253021 50-warga-gunungkidul-jalani-tes-swab-usai-hadiri-kenduri-hcI0zJTI1T.jpg Ilustrasi

GUNUNGKIDUL - Usai menghadiri budaya kenduri rasulan yang berujung ada satu warga dinyatakan positif virus corona atau Covid-19, sebanyak 50 warga Kalurahan Karangasem, Kapanewon Paliyan, Gunungkidul, harus menjalani tes swab massal.

Lurah Karangasem Sigit Purnomo mengatakan, upaya swab ini dilakukan lantaran salah satu tenaga kesehatan (nakes) warga desanya dinyatakan positif. Padahal nakes tersebut beraktivitas seperti biasa termasuk ikut kenduri rasul.

"Tadi akhirnya 50 warga termasuk anak-anak dilakukan swab," kata Sigit dilansir dari Sindonews.com, Senin (27/7/2020).

Dijelaskannya, upaya swab ini lantaran puluhan warga tersebut melakukan kontak langsung. Bahkan hal ini tidak hanya saat kenduri rasul. "Namun kegiatan lain juga. Mudah-mudahan hasilnya baik," imbuhnya.

Sigit mengatakan, kondisi ini menjadi keresahan di masyarakat. Pihaknya terus memberikan edukasi agar masyarakat tenang. "Bagaimana pun juga masyarakat was was menunggu hasil swab," beber dia.

Dia melanjutkan, nakes tersebut sebelumnya mendapatkan tugas di rumah karantina Wanagama. Namun demikian darimana virus didapatkan Nakes belum ada kejelasan.

Berdasar data dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Gunungkidul, hari ini dilaporkan ada tambahan 2 kasus positif. Keduanya adalah laki-laki usia 23 tahun asal Purwosari dengan riwayat perjalanan dari Riau.

Baca Juga : Kota Yogyakarta Larang Warganya Takbir Keliling Rayakan Idul Adha

Baca Juga : Resmi Tersangka, Brigjen Prasetyo Dijerat Pasal Berlapis

Kemudian yang kedua adalah perempuan berusia 50 tahun warga Patuk hasil tracing kasus konfirmasi positif dari Yogya. " Kita snsih terus tracing dengan swab bag warga yang melakukan kontak langsung," ulasnya.

Secara akumulatif, kasus Covid-19 di Gunungkidul hingga hari ini ada sebanyak 96 kasus dengan rincian sembuh ada 61 orang, masih dirawat ada 33 pasien. “Hari ini masih menunggu hasil laboratorium atas 390 warga yang dilakukan swab,” pungkasnya.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini