Share

Kim Jong-un: Tidak Akan Ada Lagi Perang Berkat Senjata Nuklir Korut

Rahman Asmardika, Okezone · Selasa 28 Juli 2020 09:44 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 28 18 2253145 kim-jong-un-tidak-akan-ada-lagi-perang-berkat-senjata-nuklir-korut-JY3sTnrm7s.jpg Foto: Reuters.

SEOUL - Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un mengatakan negara itu tidak akan lagi mengalami perang karena telah memiliki senjata nuklir yang menjamin keselamatan dan masa depannya, meski ada tekanan dan ancaman militer dari luar, demikian dilaporkan media pemerintah pada Selasa (28/7/2020).

Pernyataan itu disampaikan Kim ketika dia merayakan peringatan 67 tahun berakhirnya Perang Korea 1950-1953 pada 27 Juli dengan resepsi untuk para veteran.

BACA JUGA: Pimpin Pertemuan Militer, Kim Jong-un Berjanji Tingkatkan Kemampuan Nuklir Korut

Dalam pidatonya Kim mengatakan Korea Utara mengembangkan senjata nuklir untuk mendapatkan "kekuatan absolut" untuk mencegah konflik bersenjata lainnya, menyiratkan tujuan defensif dari senjata nuklir Korea Utara.

"Sekarang kita mampu mempertahankan diri dalam menghadapi segala bentuk tekanan intensitas tinggi dan ancaman militer dari pasukan imperialis dan musuh," katanya sebagaimana dilansir Reuters.

BACA JUGA: Surat Kabar Korut Akui Kim Jong-un Tak Punya Kemampuan Bengkokkan Ruang Waktu

"Berkat penangkal nuklir pertahanan diri yang andal dan efektif, tidak akan ada lagi perang, dan keselamatan dan masa depan negara kita akan dijamin selamanya."

Pidato itu disampaikan di tengah pembicaraan macet yang bertujuan membongkar program nuklir dan rudal Pyongyang dengan imbalan bantuan sanksi dari Washington.

Kim dan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump bertemu untuk pertama kalinya pada 2018 di Singapura, meningkatkan harapan untuk negosiasi atas ancaman nuklir Korea Utara. Namun KTT kedua mereka, pada 2019 di Vietnam, dan pertemuan tingkat kerja berikutnya berakhir berantakan.

Baca Juga: Salurkan BLT BBM kepada 20,65 Juta KPM, Ini Strategi Pos Indonesia

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini